Home / Pena_VJB / Bencana Benanain: Masyarakat Meradang Gagal Panen!

Bencana Benanain: Masyarakat Meradang Gagal Panen!

Bagikan Halaman ini

Share Button

qw

 

Moral-politik.com. Banjir akibat meluapnya Sungai Benanain di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT) pekan lalu, telah merendam dan merusak ribuan hektar lahan pertanian berupa jagung dan padi siap panen, milik masyarakat di delapan desa di Kecamatan Malaka Barat.

Daniel Bria, Warga Desa Umatoos yang dihubungi dari Kupang, Selasa (1/7) mengatakan, selain tanaman jagung dan padi siap panen, sebagian tanaman yang baru berusia sepekan pun amblas tersapu banjir, sehingga dipastikan para petani akan mengalami gagal panen untuk musim tahun ini.

“Habis sudah harapan kami. Banjir akibat luapan Sungai Benanain betul-betul dirasakan warga Kabupaten Malaka. Kami kini dalam ancaman kelaparan karena hasil lahan sawah dan ladang hanyut dan tertutup oleh air dan lumpur!” keluhnya, meradang.

Kata dia, warga korban banjir berharap kepada pemerintah setempat agar memberikan bantuan tanggap darurat untuk beberapa bulan ke depan, berupa bantuan makanan siap saji dan beras, karena hampir 90 persen lahan pertanian masih tergenang air dan lumpur.

Pengakuan serupa juga disampaikan Randy Klau. Menurutnya, jagung yang baru berusia seminggu pun tak berdaya karena tertutup lumpur dan mati. Saat ini warga harus hutang untuk membeli beras dan jagung di desa lain, yang lolos dari banjir agar bisa mempertahankan hidup.*** (Avi)

Baca Juga :  Fraksi Golkar NTT: Mutasi Harus Tegakkan Prinsip Kompetensi dan Prestasi

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button