Home / Sport / BKPM NTT Siap Tindak Tegas Perusahaan Pengguna Dinamit

BKPM NTT Siap Tindak Tegas Perusahaan Pengguna Dinamit

Bagikan Halaman ini

Share Button

Thobias Uly, Kepala BPKMD NTT

 

Moral-politik.com. Terkait adanya perusahaan tambang di daerah ini yang memesan dinamit dari PT. MNK, namun hilang dalam perjalan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Thobias Ully menegaskan akan menindak tegas perusahaan yang menggunakan bahan peledak jenis dinamit secara ilegal.

“Apabila kami mengetahui ada perusahaan yang menggunakan bahan peledak yang membahayakan dan tidak berijin, kami akan menindak tegas. Bahkan hingga pencabutan ijin secara permanen. Kalaupun ada yang pakai dinamit dan ada ijin, tidak masalah. Tapi kalau tidak ada ijin, kita akan cabut ijinnya, karena ilegal,” demikian penegasan Thobias Uly kepada wartawan di Kupang, Senin (08/07).

Menurut Thobias Uly, walaupun ada perusahaan yang hendak menggunakan peledak jenis dinamit tersebut, harus sesuai prosedur dan berijin atau tidak ilegal.

13

Thobias Uly mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya belum pernah mendapat laporan tentang adanya perusahaan yang menggunakan bahan peledak tersebut. Bahkan menurut dia, beberapa perusahaan tambang besar di daerah ini, pun belum ada yang menggunakan dinamit.

Pasalnya, penggunaan bahan peledak dengan daya ledak tinggi, akan membahayakan lingkungan sekitar.

“Ada puluhan perusahaan di Provinsi NTT yang sah atau legal. Tapi, sesuai pengetahuan kami, belum ada yang menggunakan dinamit,” katanya.

Thobias Uly mengakui bahwa memang ada perusahaan besar seperti di Sumba, dan Batu Mangan di Kabupaten TTS.

“Tapi sejauh ini yang kami tahu, mereka masih menggunakan alat berat. Dan, sampai saat ini juga, kami belum mendapat informasi tentang perusahaan mana yng memesan dinamit itu,” akunya.

Dia menambahkan, lebih dari 50 perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, telah mengantongi izin dan beroperasi di wilayah NTT. Dan, jika pihaknya mengetahui adanya penggunaan bahan peledak yang membahayakan dan tidak berijin, pihaknya akan menindak tegas. Bahkan sampai pencabutan ijin secara permanen. (Ale)

Baca Juga :  Akhirnya Atletico Unggul 2-0 atas Barca

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button