Home / Sport / Charisal A.Manu: Pemerintah Bangun Bendungan Linamnutu Rp 80 M

Charisal A.Manu: Pemerintah Bangun Bendungan Linamnutu Rp 80 M

Bagikan Halaman ini

Share Button

DSCN1474

 

Moral-politik.com. Pemerintah Pusat melalui Departemen Pekerjaan Umum (PU) mulai  tahun anggaran 2013 ini, mengalokasikan anggaran sebesar Rp 80 miliar untuk pembangunan Bendungan Linamnutu di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) guna pengembangan Daerah Irigasi Bena.

Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II, Charisal A.Manu dalam pertemuan dengan Bupati TTS, Paul V.R Mella Selasa (9/7) menjelaskan, pembangunan bendungan tersebut akan  dilaksanakan selama tiga tahun dan tuntas di tahun 2015 mendatang.

Menurut Manu, pembangunan bendungan tersebut diawali dengan review desain, dengan maksud  merencanakan kembali konstruksi bendungan berdasarkan kajian-kajian teknis dengan tetap  mengutamakan prinsip ekonomis.

“Berdasarkan review desain Bendungan Linamnutu, direkomendasikan pembangunan kembali bendungan itu, pada lokasi bendungan lama dengan konstruksi yang permanen,” katanya.

Dia menjelaskan, Daerah Irigasi Bena mempuyai areal irigasi terletak di tiga desa yaitu  Desa Polo, Bena dan Desa Linamnutu dengan luas areal 3.500 hektare.

Dia memaparkan, luas areal irigasi yang diiembangkan di Daerah Irigasi Bena terdiri dari sub  daerah irigasi Linamnutu 1.006 hektare dan sub daerah irigasi Taekola 2.440 hektare, yang mengambil sumber air irigasi dari Sungai Noelmina.

“Hingga saat ini pembangunan jaringan irigasi untuk layanan area 3.500 hekatre telah  terbangun seluruhnya, namun bangunan utama bendungan mengalami kerusakan yang cukup berat dan  tidak berfungsi. Untuk itulah diperlukan upaya pembangunan kembali,” jelasnya.***(AVI)

Baca Juga :  Tak diundang kala Ketua MPR berkunjung, Komisi IV meradang...

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button