Home / Pena_VJB / David Detaq, Cabub Rote Ndao ini Sesali Kebijakan Pendidikan

David Detaq, Cabub Rote Ndao ini Sesali Kebijakan Pendidikan

Bagikan Halaman ini

Share Button

eddddd

 

Moral-politik.com. Sebelas tahun berdiri menjadi daerah otonom setelah terpisah dari Kabupaten Kupang, namun hingga kini tingkat pendidikan warga Kabupaten Rote Ndao terbilang rendah.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao, Drs.David Detaq, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (6/7) siang.

Menurutnya, sesuai data yang diperolehnya, tercatat dari 126 ribu penduduk di Kabupaten Rote Ndao diperkirakan 95 persen atau sekitar 120 ribu dari 126 ribu penduduk Rote Ndao berijasah Sekolah Menengah Atas (SMA) ke bawah.

“Pelayanan dasar kepada masyarakat perlu mendapat perhatian yang serius. Pendidikan perlu perhatian serius, dengan kondisi pendidikan warga saat ini tentunya sangat memprihatinkan,” katanya.

Masih di bidang pendidikan, sebutnya, pemerintah terkesan belum memberikan perhatian yang serius terhadap dampak dari lonjakan jumlah tenaga kerja.

“Di bidang pendidikan, kita akui bahwa angka kelulusan kita memang baik selama beberapa tahun terakhir, tetapi yang jadi soalnya, jumlah alumnus dari sekolah terus bertambah tetapi kalau tidak ditunjangi dengan penyediaan lapangan kerja maka akan ada banyak pengangguran di Rote Ndao. Kalau nanti kami terpilih, maka sektor pendidikan akan diberi perhatian yang serius,” terangnya.

Sementara di bidang kesehatan, kata David, perhatian pemerintah akan kesehatan warga saat ini masih jauh dari perhatian. Menurutnya, untuk terciptanya masyarakat sehat tak hanya selesai dengan menyediakan sarana pelayanan kesehatan.

“Bicara soal kesehatan bukan soal berapa banyak bangunan sarana kesehatan dibangun, tetapi semestinya beri perhatian sejak bayi di dalam kandungan. Bicara soal kesehatan bukan hanya sekedar bicara pencegahan dan pemberantasan. Untuk meningkatkan kesehatan warga, kita harus memikirkan bagaimana rakyat yang dipimpin mengkonsumsi makanan bergizi,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao ini.

Baca Juga :  Gunung Rokatenda Meletus, 2 Bocah Korban Belum Ditemukan

Calon Bupati yang berpasangan dengan Ir.Alfred Alfonso Bessie (Paket De Bes) ini lebih jauh mengungkapkan perhatian pemerintah akan sektor kesehatan masih jauh dari yang diharapkan.

“Kita lihat saja, masih banyak masyarakat kita yang Buang Besar (BAB) sembarangan. Jadi perhatian kami akan sektor kesehatan berada dalam skala prioritas. Kita tidak mungkin berbicara soal Rote Ndao yang maju kalau rakyat kita masih sakit!” tandasnya.(lima)

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button