Home / Sejarah / Debat Kapan Galaksi Bimasakti & Andromeda Bertabrakan

Debat Kapan Galaksi Bimasakti & Andromeda Bertabrakan

Bagikan Halaman ini

Share Button

2

 

Moral-politik.com. Selama bertahun-tahun, ilmuwan dan publik percaya bahwa galaksi Bimasakti dan Andromeda akan bertabrakan 3 miliar tahun lagi. Namun sekarang, pandangan seorang ilmuwan mengguncang keyakinan tersebut.

Dalam RAS National Astronomy Meeting di St Andrews, Hingsheng Zhao dari University of St Andrews mengatakan bahwa peristiwa tabrakan antara Bimasakti dan Andromeda sudah berlangsung 10 miliar tahun lalu. Kok bisa Zhao berpandangan demikian?

Bimasakti adalah bagian dari kelompok galaksi yang dikenal dengan nama Local Group. Para kosmolog percaya bahwa sebagian besar massa grup galaksi tersebut tak terlihat, tersusun atas materi gelap. Di semesta, jumlah materi ini melebihi materi biasa dengan faktor lima.

Dipahami sebelumnya, materi gelap Bimasakti dan Andromeda punya daya tarik begitu kuat sehingga mengalahkan gaya yang memicu mengembangnya semesta. Kedua galaksi akhirnya bergerak saling mendekat dengan kecepatan 100 km/detik dan akan bertabrakan 3 miliar tahun lagi.

Namun, peristiwa tersebut hanya terjadi bila dipahami dengan dasar konsep gravitasi yang sudah usang dan konvensional, yang memiliki keterbatasan untuk menjelaskan fenomena yang ada di galaksi yang dilihat manusia saat ini.

Menurut Zhao, konsep gravitasi yang seharusnya dipakai adalah yang diajukan oleh Mordehai Milgrom dari Weizmann Institute di Israel pada tahun 1983. Teori gravitasi tersebut dikenal dengan Modified Newtonian Dynamics (MDO).

Berdasarkan teori MDO, konsep gravitasi sedikit berbeda dari yang diungkapkan Newton dan Einstein. Menurut teori ini, gravitasi punya perilaku lain di skala besar, persis seperti sifat partikel subatomik yang berbeda dengan materi yang lebih besar.

Nah, berdasarkan konsep gravitasi itu, Zhao melakukan pengukuran pergerakan galaksi-galaksi anggota Local Group. Diungkap kemudian bahwa tabrakan antara Bimasakti dan Andromeda sudah terjadi 10 miliar tahun lalu.

Baca Juga :  Ini dia Wihara tertua di Jakarta Barat

Tanda-tanda bahwa Bimasakti telah bertabrakan dengan Andromeda adalah adanya galaksi-galaksi kerdil. Keberadaan galaksi-galaksi kecil di sekitar Bimasakti cuma bisa dipahami bila berasal dari gas dan bintang yang memisah saat tabrakan antar-dua galaksi terjadi.

Diberitakan Physorg, Kamis (4/7/2013), meski sudah pernah bertabrakan, bukan berarti tabrakan Bimasakti dan Andromeda miliaran tahun ke depan batal. Saat ini, Andromeda juga sedang dalam perjalanan menuju Bimasakti.

Semua ini memang masih gagasan dan teori. Namun, Pavel Kroupa, anggota tim peneliti, mengungkapkan, “Jika teori ini benar, sejarah semesta harus ditulis ulang.” gagasan Zhao dan timnya juga akan dipublikasikan di jurnal Astronomy and Astrophysics. (Sumber: Kompas.com)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button