Home / Pena_VJB / DEBES Kembangkan Tradisi “Nusak” Jadi Potensi Pariwisata Dunia

DEBES Kembangkan Tradisi “Nusak” Jadi Potensi Pariwisata Dunia

Bagikan Halaman ini

Share Button

IMG-20130727-00885

 foto: david detaq dan isteri

 

Moral-politik.com. Penilaian disclaimer oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) selama empat tahun berturut-turut atas pengelolaan Kepemerintahan Kabupaten Rote Ndao merupakan potret buram atas sistem pemerintahan yang berjalan.

Hal itu setidaknya menggambarkan betapa buruknya sistem pelayanan publik di Kabupaten Rote Ndao. Secara faktual hal itu terlihat pada meningkatnya angka kemiskinan di Kabupaten Rote Ndao saat ini.

Calon Bupati Rote Ndao, Drs.David Detaq yang berpasangan dengan calon Wakil Bupati, Ir.Alfred Bessie (Debes) yang ditemui Moral-politik.com di kediamannya, Sabtu (27/7) mengungkapkan, keduanya maju dalam Pilkada Rote Ndao karena perihatin atas kesenjangan pembangunan di Kabupaten Rote Ndao.

Menurutnya, bila persoalan itu tidak disikapi secara baik akan berdampak buruk bagi kesejahteraan rakyat kedepannya.

Dikatakannya, bila keduanya terpilih melalui proses pemilihan secara jujur dan adil (Jurdil) pada 5 Agustus mendatang, pihaknya pasti akan berkonsentrasi pada sejumlah kebijakan pokok pembangunan.

Diuraikannya, sejumlah kebijakan yang prioritas akan dilaksanakan keduanya meliputi kepariwisataan, kesehatan, pendidikan, ekonomi, sarana dan prasarana wilayah serta pelayanan pemerintahan.

“Khusus bidang kesehatan akan diarahkan pada perbaikan gizi anak/keluarga dan pemerataan pelayanan kesehatan serta penyediaan sanitasi. Hal ini berangkat dari suatu kondisi kesehatan pada tingkat kematian ibu saat melahirkan di Rote Ndao yang sangat tinggi,” terangnya.

Sementara pada bidang pendidikan, lanjutnya, diarahkan pada menurunkan  jumlah penduduk buta huruf, peningkatan kualitas pendidikan, pemerataan dan penguasaan IPTEK. Sementara di bidang ekonomi, kata dia, kebijakan pembangunan yang dilaksanakan mengarah pada upaya mencapai kemajuan eknomi melalui pendekatan perubahan struktur ekonomi untuk berimbangnya antara sektor primer dan skunder dalam usaha menanggulangi kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran tenaga kerja melalui sumber daya laut maupun darat.

Baca Juga :  Keluarga Fahri Mengamuk, Polisi Penembak Divonis Setahun

“Pada bidang prasarana wilayah dilakukan dengan mengoptimalkan fungsi dan ketersediaan prasarana wilayah sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat baik sarana transportasi, pengairan dan bangunan fisik lainnya. Sementara pada bidang pelayanan pemerintahan diarahkan pada penciptaan pelayanan prima dan penguatan aturan hukum serta peningkatan pengawasan alam rangka pemerintahan yang bersih dan berwibawa,” ungkapnya.

Hal menarik lainnya, kata dia, adalah menjadikan sector pariwisata sebagai sector unggulan dan andalan pembangunan Kabupaten Rote Ndao.

“Siapa bilang Rote Ndao tidak bisa bersaing dengan Bali? Semua yang Bali miliki tidak sama dengan yang dimiliki Rote Ndao!” terangnya.

Calon Bupati Rote Ndao, David Detak menambahkan, bukan kah dengan jumlah Nusak sebanyak 18 di Rote Ndao itu adalah aset pariwisata yang selama ini kita tidur lelap kan?

“Itu budaya Rote Ndao yang akan kami gali lebih jauh dan kembangkan sebagai salah satu obyek dan daya tarik wisata Rote Ndao yang ditawarkan kepada masyarakat dunia!” tutupnya, pasti. (lima)

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button