Home / Sport / DPRD Kesal, Harga Premium di Sabu Raijua Rp 25.000 Per Botol

DPRD Kesal, Harga Premium di Sabu Raijua Rp 25.000 Per Botol

Bagikan Halaman ini

Share Button

11

 

Moral-politik.com. Harga bahan bakar minyak (BBM) terutama premium di Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) mungkin  menjadi rekor harga tertinggi. Betapa tidak, sejak pemerintah mengumumkan kenaikkan harga BBM, premium di daerah itu mencapai Rp.25.000 per botol.

Anggota DPRD Kabupaten Sabu Raijua, Yusak Musa Robo, di Kupang, Senin (29/7) membenarkan  kondisi tersebut yang terjadi sejak kenaikkan harga BBM awal Juni lalu. Kondisi ini dikeluhkan masyarakat setempat.

“Saat ini harga BBM di Sabu Raijua sudah mencapai Rp.25.000 per botol. Akibatnya, ikut  memicu harga bahan kebutuhan pokok,” kata Yusak.

Menurutnya, harga premium di daerah itu tidak sesuai dengan harga subsidi, apalagi saat ini  kondisi cuaca tidak bersahabat sehingga menjadi pemicu kelangkaan BBM dan terjadinya harga yang melompat tinggi.

Dia berharap, semua pihak bisa bekerja sama dalam menekan harga yang ada sekarang. Alasannya, harga yang ada di tangan Agen Penyalur Minyak dan Solar (APMS) adalah Rp.6.500 per liter sesuai harga subsidi yang telah ditetapkan pemerintah.

“Sejatinya, premium bersubsidi dijual per liter bukan per drum. Namun kenyataan di lapangan,  terjadi penjualan dengan drum sehingga masyarakat tidak terlayani dan penjualan dengan drum  pun tidak sesuai dengan harga subsidi.

Dia menyesalkan sikap pemerintah daerah khususnya bagian yang menangani masalah BBM, terkesan  lamban untuk mengatur dan mengatisipasi lonjakan harga BBM yang tidak sesuai dengan harga subsidi dengan menerapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk wilayah itu.

Dia meminta pemerintah untuk melakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti kepolisian  untuk melakukan penertiban di lapangan, sehingga bisa menekan aksi pengecer yang menjual dengan harga tinggi.

Wakil Bupti Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke, yang dikonfirmasi terpisah  mengatakan, sebelum  adanya kenaikkan harga BBM pemerintah setempat telah mengeluarkan Harga Eceran Tertinggi
(HET). Namun setelah kenaikkan harga BBM belum ada HET baru.

Baca Juga :  Pendaftaran "Online" CPNS 2014 dibuka hari ini

“Dengan adanya kenaikkan BBM maka HET yang lama tentu akan segera diganti dengan yang baru dan  dalam waktu dekat kita akan keluarkan SK terkait HET BBM di Sabu Raijua,” paparnya.*** (AVI)

 

 

 

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button