Home / Sport / DPRD NTT Segera Ingatkan Pimpinan Parpol Soal PAW

DPRD NTT Segera Ingatkan Pimpinan Parpol Soal PAW

Bagikan Halaman ini

Share Button

17

 

Moral-politik.com. Menindaklanjuti surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) perihal pemberhentian antar waktu (PAW) anggota DPRD, karena menjadi anggota partai politik (Parpol) lain, atau karena mengundurkan diri, DPRD NTT segera menyurati pimpinan parpol tingkat provinsi, sehingga ada kader partainya di DPRD yang pindah parpol atau mengundurkan diri, bisa langsung diproses.

Kepala Bagian Persidangan DPRD NTT, Petrus Seran Tahuk kepada wartawan di Kupang, Senin (1/7) menjelaskan, Mendagri dalam surat edaran itu mengungkapkan, pemberhentian anggota DPRD karena mengundurkan diri diusulkan oleh pimpinan parpol kepada DPRD provinsi dengan tembusan kepada Mendagri bagi DPRD provinsi, dan kepada pimpinan DPRD kabupaten/kota dengan tembusan kepada gubernur bagi anggota DPRD kabupaten/kota. Usulan itu sesuai dengan rekomendasi/keputusan dewan pimpinan pusat parpol yang bersangkutan.

Lebih lanjut disampaikan, apabila pimpinan parpol enggan mengusulkan PAW, maka pimpinan DPRD menyurati pimpinan parpol yang bersangkutan untuk segera diusulkan PAW. Jika dalam kurun waktu 14 hari pimpinan parpol juga tidak kunjung mengusulkan PAW, maka pimpinan DPRD provinsi mengusulkan kepada Mendagri melalui gubernur bagi anggota DPRD Provinsi, dan pimpinan DPRD kabupaten/kota mengusulkan kepada gubernur.  Langkah ini diambil untuk selanjutnya diresmikan PAW.

Tentang kapan DPRD NTT menyurati pimpinan, Petrus mengungkapkan, karena surat edaran Mendagri baru diterima, maka masih menunggu kurun waktu 14 hari ke depan.

“Kami masih menunggu inisiatif dari pimpinan parpol. Jika setelah 14 hari ke depan pimpinan parpol tak juga mengajukan usulan PAW, maka DPRD akan menyurati pimpinan parpol,” kata Petrus. (Nyongky)

Baca Juga :  ASDP tutup pelayaran di seluruh NTT

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button