Home / Sport / Dua Tahun Jaringan PKPAM NTT Tak Dialiri Air

Dua Tahun Jaringan PKPAM NTT Tak Dialiri Air

Bagikan Halaman ini

Share Button

5

foto: ilustrasi

 

Moral-politik.com. Pipa jaringan air minum yang dikerjakan melalui proyek PKPAM Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada sejumlah lokasi di Kabupaten Rote Ndao hingga saat ini belum dimanfaatkan.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan menyebutkan, pipa jaringan yang dikerjakan dengan menggunakan anggaran senilai Rp 4 miliar tahun anggaran 2011 lalu tersebut, belum dialirkan air bersih untuk melayani kebutuhan warga.

Jaringan distribusi yang melewati Desa Oelunggu, Kecamatan Lobalain, misalnya, hingga saat ini belum dialiri air. Padahal warga di wilayah tersebut cukup sulit mendapatkan air bersih.

Terhadap persoalan itu, Direktur Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Rote Ndao, Marthen Kalla, S.Ip yang ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (10/7) membenarkan belum optimalnya pemanfaatan pipa jaringan yang belum terpasang itu.

Menurutnya, pihaknya selaku institusi yang memberikan pelayanan air bersih kepada warga mengharapkan perhatian Pemerintah Kabupaten Rote Ndao untuk mengoptimalkan sumber air yang ada.

“Kami sangat mengharapkan perhatian Pemda untuk peningkatan sumber air yang ada sehingga proyek jaringan melalui program PKPAM Provinsi dua tahun yang lalu tidak mubazir,” katanya.

Sebab, menurutnya, bila Pemkab Rote Ndao mengoptimalkan sumber air yang ada, diyakininya dapat menambah sambungan baru serta dapat melayani warga di lokasi yang dilalui pipa distribusi.

“Kalau sumber air yang ada ditingkatkan dapat menambah sambungan baru yang diprediksikan 400-500 sambungan baru,” ujarnya.

Dikatakannya, sumber air yang perlu ditingkatkan yakni Oemau dengan meningkatkan tenaga penggeraknya dari diesel dengan elektro.

“Kami sangat mengharapkan perhatian pemerintah daerah untuk meningkatkan sumber air yang ada. Di sumber air Tanggaloi misalnya, kalau ditingkatkan maka cukup potensial untuk melayani warga,” terangnya.(lima)

 

Baca Juga :  Gara-gara Narkoba, 40 Orang Meninggal Setiap Hari

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button