Home / Sport / Fery Tak Jalan, Pesawat Masuk Keluar Bandara DC Saudale

Fery Tak Jalan, Pesawat Masuk Keluar Bandara DC Saudale

Bagikan Halaman ini

Share Button

BANDARA (3)

 

Moral-politik.com. Cuaca buruk yang melanda wilayah perairan di sekitar Kabupaten Rote Ndao selama beberapa pekan terakhir ini terus memburuk, menyebabkan pelayanan penyeberangan dari dan menuju Rote Ndao terganggu.

Meski pelayaran terganggu akibat cuaca yang terus memburuk, namun pelayanan warga dari dan menuju Rote Ndao terbantu dengan pelayanan sejumlah maskapai penerbangan, yang rutin memasuki wilayah Rote Ndao.

Hal ini dikemukakan Kepala Bandara DC Saudale, Ahmad, S.Sos yang ditemui wartawan di terminal penumpang bandara itu, Jumat (12/7).

Menurutnya, lonjakan penumpang pasca tak beroperasinya kapal fery cepat maupun armada milik Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Bolok menuju wilayah Rote Ndao cukup tinggi.

“Selama beberapa minggu terakhir, pesawat sering masuk seperti Susy Air, Merpati dan Trans Nusa dan penumpangnya juga terus padat,” katanya.

Dikatakannya, dari sisi infrastruktur bandara tersebut telah mampu melayani pesawat berukuran besar. Saat ini, lanjutnya, pihaknya tengah melaksanakan tender untuk perpanjangan bandara itu.

Menurutnya, tahun ini landasan pacu bandara DC Saudale Rote akan diperpanjang 450 meter dari sebelumnya 1.200 meter. Pelaksanaan pekerjaan perpanjangan landasan pacu, lanjutnya, dilakukan bersamaan dengan sejumlah item pekerjaan lainnya, yakni perluasan terminal penumpang, pembangunan pagar bandara sepanjang 1.000 meter dan perbaikan Talud.

“Saat ini masih dalam proses tender dan pekerjaan bisa dilaksanakan pertengahan Juli atau awal Agustus nanti,” katanya.

Dikatakannya, dengan pekerjaan penambahan tersebut, kedepannya bandara DC Saudale Rote Ndao dipastikan dapat melayani pesawat  berukuran besar seperti  jenis ATR 72.

“ Dengan perpanjangan ini maka landasan pacunya menjadi 1.650 meter sehingga mulai tahun depan pesawat ATR 72 sudah bisa mendarat di Rote,” ujarnya

Ditambahkannya, pembenahan bandara  DC Saudale Ba’a memang perlu terus dilakukan agar kondisi bandara terutama landasan  pacu lebih layak didarati pesawat. Selain itu, perlu ada upaya agar ada  pesawat yang mendarat di bandara tersebut, sehingga sejalan antara perbaikan bandara  dengan adanya pesawat yang menyinggahi bandara DC Saudale Ba’a. (lima)

Baca Juga :  Demonstran Ungkap Kasus di Lingkup Pemkab Rote Ndao

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button