Home / Sport / Forkom & BPPKB Rote Ndao Gelar Sosialisasi Kesetaraan Gender

Forkom & BPPKB Rote Ndao Gelar Sosialisasi Kesetaraan Gender

Bagikan Halaman ini

Share Button

SOSIALISASI (1)

Ketua Forum Komunikasi Pemerhati dan Perjuangan Hak-Hak Perempuan (Forkom) Kabupaten Rote Ndao Jeane Toulasik Daud, BA yang dikonfirmasi wartawan disela-sela kegiatan itu mengatakan penyelenggaraan kegiatan itu merupakan bagian dari upaya untuk penyadaran soal kesetaraan gender. “Kita perlu akui bahwa dominasi laki-laki di Kabupaten Rote Ndao masih sangat tinggi,”katanya.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao diharapkannya supaya secara perlahan-lahan menekan kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak melalui pemberian pemahaman soal kesetaraan gender. Sebab menurutnya, tingginya kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Rote Ndao disebabkan karena belum adanya kesepahaman soal gender. “Perhatian Pemerintah selama ini akan kesetaraan gender belum maksimal,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang penguatan institusi dan pembangunan keluarga sejahtera pada BPPKB Rote Ndao, Marthen J. Huan, SH dalam materinya pada kegiatan itu mengatakan kesetaraan gender dimaknai sebagai kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta hak-haknya sebagai manusia agar mampu berpartisipasi dalam berbagai bidang. “Kesetaraan gender juga dimaknai sebagai penghapusan diskriminasi dan ketidakadilan struktural baik terhadap laki-laki maupun perempuan,”terangnya.

Menurutnya, kesetaraan gender menjadi sangat penting untuk diterapkan dalam membangun kebersamaan baik dalam konteks kehidupan bersama selaku keluarga , komunitas masyarakat maupun berbangsa dan bernegara. “Dalam berbagai perbedaan harus ada kerelaan dari masing-masing pihak baik laki-laki maupun perempuan untuk menerima perbedaan sebagai kekayaan untuk saling melengkapi dalam mencapai tujuan bersama,”terangnya.(lima)

Baca Juga :  Tambang emas Sudan ambruk, 60 tewas

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button