Home / Sport / Forkom : Bupati Terpilih Harus Beri Perhatian Kesetaraan Gender

Forkom : Bupati Terpilih Harus Beri Perhatian Kesetaraan Gender

Bagikan Halaman ini

Share Button

jeane toulasik

Moral – politik.com.  Kandidat Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao yang terpilih melalui Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Rote Ndao, 5 Agustus 2013 mendatang diharapkan agar beri perhatian serius pada kesetaraan gender. Hal ini disampaikan Ketua Forum Komunikasi Pemerhati dan Perjuangan Hak-Hak Perempuan (Forkom) Kabupaten Rote Ndao Jeane Toulasik Daud. “Berbicara soal kesetaraan gender di Rote Ndao itu masih sangat minim sebab kebanyakan hak-hak perempuan disepelekan,”katanya.

Sebab menurutnya, pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Rote Ndao masih didominasi oleh laki-laki. Dominasi laki-laki yang berlebihan tersebut merupakan salah satu pemicu tingginya kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Rote Ndao. “Kita harapkan agar Bupati dan Wakil Bupati yang terpilih nanti memiliki kepedulian terhadap hak-hak perempuan dan anak. Kita memang akui bahwa sudah ada perempuan yang menduduki pimpinan SKPD di lingkup Pemkab Rote Ndao tetapi porsinya belum maksimal,”tandasnya.

Ditambahkannya, sesuai pantauan pihaknya atas visi dan misi lima calon Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao, hanya dua paket calon saja yang memiliki kepedulian terhadap hak-hak perempuan dan anak.

Sementara itu Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Rote Ndao, Mutsuhito Ngulu, SH saat ditemui wartawan di ruang kerjanya secara terpisah mengatakan kerjasama yang selama ini telah terjalin antara pemerintah kabupaten rote ndao dengan badan narkotika nasional (bnn) kabupaten rote ndao dalam mencegah peredaran narkoba diharapkan terus berkelanjutan.  “Kami mengharapkan agar kerjasama yang terjalin selama ini ditingkatkan,”kata Mutsuhito.

Mutsuhito mengatakan hal itu menjawab wartawan soal harapan pihaknya terhadap Bupati maupun Wakil Bupati Rote Ndao yang terpilih melalui proses Pemilukada Rote Ndao, Agustus 2013 mendatang. Sebab menurut Mutsuhito, untuk pencegahan peredaran narkoba maupun bahaya yang ditimbulkan akibat penggunaan narkoba menjadi tanggungjawab seluruh elemen masyarakat. “Kita harapkan agar nantinya tetap jalan bersama memberantas narkoba di wilayah Kabupaten Rote Ndao,”tandasnya.

Baca Juga :  Kades diminta proaktif laporkan kejadian bencana

Selain itu, warga juga dihimbaunya agar melaporkan warga yang ditemui menggunakan Narkoba di lingkungannya masing-masing. “Kita mengharapkan perlunya partisipasi dari seluruh pihak supaya melaporkan masyarakat yang gunakan narkoba,”harapnya. (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button