Home / Sport / Ijasah Paket sama dengan Ijasah Reguler

Ijasah Paket sama dengan Ijasah Reguler

Bagikan Halaman ini

Share Button

 DCIM100MEDIA

 

Moral-politik.com. Meskipun pelaksanaan ujian paket A, B dan C, setara SD, SMP dan SMA sudah lama diberlakukan sejak pemberlakuan UU Sistim Pendidikan Nasional, namun masih ada sejumlah pihak yang selalu meragukan kualitas dari pada pemegang ijasah tersebut.

Kepala PNFI Dinas PPO TTU, Serfinus Tefa  mengatakan, jika ada lembaga atau perorangan yang masih meragukan ijasah paket A, paket B dan paket C, sesungguhnya lembaga atau orang tersebut  memahami aturan tentang sistim pendidikan, namun hanya masih memiliki anggapan yang keliru terhadap penyelengaraan pendidikan non formal ini.

Menurut Serfinus, lembaga atau orang yang beranggapan mutu paket rendah dari sekolah regular sebenarnya itu anggapan keliru, karena pemeriksaan lembaran kerja hasil ujian  sama dengan ujian pendidikan formal, yaitu menggunakan sistim komputerisasi.

“Jadi yang periksa ini menggunakan sistem komputer, kalau manual mungkin boleh kita ragu, karena yang melakukan pemeriksaan hasil ujian itu manusia, sehingga bisa melakukan manipulasi nilai,  penentuan kelulusannya juga sangat tergantung dari hasil ujian, maka tentu yang bisa menyelesaikan soal ujian dengan baik saja yang akan ditetapkan untuk lulus,” ungkapnya.

Bagi dia, sesuai UU Sisdiknas, sistem pendidikan kita mengenal pendidikan formal, non formal dan informal. Karena itu, penyelanggaraan paket A, B,C setara SD, SMP dan SMA yang ada selama ini patut untuk didukung oleh semua komponen dari pusat hingga daerah. (amy)

 

 

 

 

Baca Juga :  Letkol Fredding Janen S: Kami Berikan yang Terbaik

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button