Home / Sport / Jaksa Tahan Cornelis Kapitan dan Budiarto

Jaksa Tahan Cornelis Kapitan dan Budiarto

Bagikan Halaman ini

Share Button

Ditahan 2

Moral-politik.com. Jaksa Kejaksaan Tinggi NTT menahan Cornelis Kapitan dan Budiarto. Keduanya menjadi tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan buku untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Kupang pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kota Kupang tahun 2010. Nilai proyeknhya  Rp 4 miliar.

Cornelis dan Budiarto ditahan usai diperiksa oleh Jaksa penyidik Kejati NTT, Yoni E. Malaka, SH. Keduanya langsung digiring oleh kendaraan tahanan yang telah menunggu di depan kantor Kejati NTT menuju ke Rumah Tahanan (Rutan) Klas IA Kupang.

Kedua tersangka kasus korupsi pengadaan buku tahun 2010 itu yakni Budiarto sebagai kontraktor pelaksana dan  Cornelis Kapitan selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dinas PPO Kota Kupang yang saat ini telah menjadi Kepala Dinas Pariwisata Kupang.

Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) NTT,  Sugiono mengatakan, penahanan terhadap dua tersangka karena ditemukan adanya kerugian negara. Jaksa kwatir, kedua tersangka melarikan diri dan menghilangkan barang bukti, sehingga perlu ditahan.  “Kami harus tahan,” katanya.

Dalam kasus itu, menurut dia, kontribusi pengadaan buku tidak dipenuhi, namun dalam laporan keuangan telah dilakukan 100 persen.

“Kalau soal Mantan Wali Kota Kupang, Daniel Adoe tanyakan ke Kajati,” katanya.

Sementara itu, kuasa hukum terdakwa, Petrus Bala Pationa mengatakan, penahanan ini merupakan kewenangan Jaksa. Namun, pihaknya masih melakukan koordinasi untuk mengambil langkah penangguhan penahanan. “Kami akan koordinasikan untuk penangguhan penahanan,” katanya.  (richo)

Baca Juga :  Lion Air Kembali Berulah, Penumpang Meradang

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button