Home / Sport / JPU Dakwa Terdakwa Rugikan Negara Rp 241. 149.300

JPU Dakwa Terdakwa Rugikan Negara Rp 241. 149.300

Bagikan Halaman ini

Share Button

7

 foto: ilustrasi

 

Moral-politik.com. Jaksa Penuntut Umum (JPU), I Putu Nurianto, SH dalam dakwaan terhadap Stanislaus dan Mahmud terdakwa dalam kasus dugaan korupsi pengadaan kapal ikan pada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sikka tahun anggaran 2011 sebesar Rp 1,2 miliar, menilai bahwa perbuatan kedua terdakwa dalam kasus itu telah merugikan keuangan negara sebesar Rp 241.149.300.

Dalam dakwaannya yang dibacakan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang, Senin (29/7), JPU mengatakan bahwa proyek pengadaan kapal ikan di Kabupaten Sikka pada DKP Kabupaten Sikka baru diselesaikan oleh kedua terdakwa setelah proyek pengadaan kapal ikan itu menjadi kasus.

Sidang dengan agenda pembacaan dakwaan itu dipimpin majelis hakim Agus Komarudin, SH didampingi dua hakim anggotanya masing-masing, Khairulludin, SH dan Jult Lombang Gaol, SH. Kedua terdakwa didampingi kuasa hukumnya Luis Balun, SH.

Selain itu JPU mengatakan proyek belum diselesaikan oleh kedua terdakwa yang mana Stanis adalah PPK dan Mahmud merupakan kontraktor terdapat beberapa item kapal yang belum dilengkapi seperti alat ukur suhu, pelampung, pemakala yang belum diadakan, peta, alat pemdam kebakaran dan meja tulis untuk kapal.

JPU menilai bahwa perbuatan kedua terdakwa telah diatur dan diancam dalam tindak pidana pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 JO pasal 11 Undang-undang (UU) RI Nomor: 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diatur dan diubah dengan Undang-Undang (UU)  RI Nomor: 20 Tahun 2001 JO pasal 64 ayat (1) KUHP.

Kuasa hukum terdakwa, Luis Balun, SH yang ditemui usai siding mengatakan dirinya akan mengajukan eksepsi terhadap tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) kepada kedua terdakwa dalam kasus dugaan korupsi pengadaan kapal ikan pada DKP Kabupaten Sikka. (richo)

Baca Juga :  Penderita Gizi Buruk di Belu dan Malaka Meningkat

 

 

 

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button