Home / Sport / Khabar Baik, Kelimutu Dibuka Kembali untuk Wisatawan!

Khabar Baik, Kelimutu Dibuka Kembali untuk Wisatawan!

Bagikan Halaman ini

Share Button

12

 

Moral-politik.com. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan, status gunung kelimutu telah turun dari waspada level dua ke normal.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Kelimutu, Gabriel Rago mengatakan, sejak kemarin status gunung kelimutu telah normal.

“Setelah melakukan pengamatan secara visual dari pagi hari sampai  pukul 16:00 wita, kami berkesimpulan Kelimutu aman-aman saja, tidak ada lagi bau belerang menyengat, serta tidak ada lagi uap yang muncul dari dalam kawah. Hasil pengamatan ini kami laporkan ke  Bandung dan dari Bandung menyatakan Kelimutu berstatus normal,” jelas Gabriel Rago.

Gabriel Rago mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Balai Taman Nasional Kelimutu (BTNK) terkait dengan penurunan status gunung Kelimutui tersebut. “Setelah statusnya normal, saya langsung memberitahu petugas Taman Nasional Kelimutu,” kata Gabriel Rago.

Sementara itu, petugas Taman Nasional Kelimutu, Ambros Roga mengatakan, mulai hari ini, Kelimutu sudah terbuka  kembali.

“Kami sudah membuka palang pintu masuk. Artinya, Kelimutu sudah aman bagi pengunjung,” kata Ambros Roga.

Dia mengatakan, sebelum membuka palang pintu masuk, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak vulkanologi. Pihak Vulkanologi menyatakan Kelimutu sudah normal.

Kelimutu ditutup untuk wisatawan sejak 6 Juni lalu. Ini menyusul meningkatnya aktivitas Kelimutu, berupa bau belerang menyengat, asap yang muncul dari kawah muda mudi, serta sebagian pohon mulai mengering. (Alo N)

 

Baca Juga :  Polres Kupang Kota Bubarkan Judi Liar

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button