KPU Berhak Menentukan Nama Pengganti DPRD yang di-PAW | www.moral-politik.com

KPU Berhak Menentukan Nama Pengganti DPRD yang di-PAW

9

 

Moral-politik.com. Ketua KPU NTT, Jhon Depa mengatakan, untuk menetapkan nama-nama yang akan di PAW oleh Partai Politik, KPU lah yang  punya kewenangan menentukan siapa calon pengganti anggota dewan yang di-PAW itu. Namun penentuan itu tentunya  sesuai dengan aturan yang berlaku, yakni calon pengganti merupakan calon yang menempati urutan kedua dari partai yang bersangkutan di wilayah daerah pemilihan yang sama.

Tentang berapa anggota dewan provinsi NTT yang sudah diajukan untuk proses PAW, Jhon akui, baru ada  ada usulan dari pimpinan DPRD NTT untuk menggantikan Hendrik Rawambaku, walaupun terdapat sejumlah anggota dewan yang dicalonkan dari partai politik berbeda dalam daftar caleg untuk pemilu 2014 mendatang.

“Jika ada surat dari pimpinan dewan yang meminta nama pengganti untuk anggota dewan yang hendak diproses PAW, KPU akan menjawabinya dengan mengirim nama pengganti. Prinsipnya tetap mengacu ada aturan yang berlaku,” katanya.

Sedangkan untuk pengganti dari Hendrik Rawambaku, lanjut Depa, KPU telah mengusulkan nama David Beko. Penetuan David Beko berdasarkan perolehan suara terbanyak kedua setelah Hendrik Rawambaku.

Comments

comments

You must be logged in to post a comment Login