Home / Pena_VJB / KPU NTT: Pilkada Belu Paling Lambat 31 Oktober

KPU NTT: Pilkada Belu Paling Lambat 31 Oktober

Bagikan Halaman ini

Share Button

1

Moral-politik.com. Meskipun  masih terjadi polemik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah mematok pemungutan suara putaran pertama pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Belu paling lambat  pada tanggal 31 Oktober 2013.

“Jika sampai batas waktu 31 Oktober  pilkada Belu belum bisa digelar, kami tidak bisa berbuat apa-apa. Ini karena pelaksanaan pilkada di atas 31 Oktober dapat dikategorikan melanggar Undang-undang,” kata juru bicara KPU NTT , Djidon de Haan di Kupang, Minggu (21/7).

Proses pilkada di wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Timor-Leste itu mengalami kebuntuan karena Pemerintah Kabupaten Belu tetap menolak keikutsertaan masyarakat dari Daerah Otonomi Baru (DOB) Malaka dalam pilkada di kabupaten induk itu.

DOB Malaka telah diresmikan pada April 2013 oleh Menteri Dalam Negeri, untuk memisahkan diri dari kabupaten induk Belu.

Djidon menjelaskan, Malaka memang sudah menjadi kabupaten sendiri tetapi dalam kaitan dengan pilkada maupun pemilu legislatif pada 2014, masih tetap bergabung dengan kabupaten induk.

Djidon menambahkan, hal ini berlaku untuk semua daerah otonomi baru yang diresmikan pada April 2013. Dalam kasus pilkada Belu, imbuh dia, Pemerintah Kabupaten Belu menolak menyerahkan DP4 dari 12 kecamatan yang masuk dalam Kabupaten Malaka.

“KPU NTT sudah mengarahkan KPU Kabupaten Belu untuk menerima saja DP4. Jika DP4 yang diserahkan hanya 12 kecamatan, maka KPU akan bersikap dengan tidak bisa melakukan pemutakhiran data pemilih karena tidak sesuai dengan yang diatur dalam ketentuan!” tegas Djidon.

Djidon juga mempertanyakan, mengapa untuk pemilu legislatif  2014 Pemerintah Kabupaten Belu menyerahkan DP4 mencakup 24 kecamatan, tetapi untuk pilkada Belu, pemerintah daerah hanya menyerahkan DP4 untuk 12 kecamatan saja?*** (AVI)

Baca Juga :  Ende: Pengunjung Danau Kelimutu Diminta Bawa Masker

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button