Home / Sport / Libby Sinlaeloe: Kasus Kekerasan Terhadap Anak Makin Tinggi

Libby Sinlaeloe: Kasus Kekerasan Terhadap Anak Makin Tinggi

Bagikan Halaman ini

Share Button

7                                                                      

                                                                                                      foto: ilustrasi

 

Moral-politik.com. Kasus kekerasan  terhadap anak di Kota Kupang dalam tiga tahun terakhir ini terus meningkat, dan lebih mengarah pada kekerasan dalam rumah tangga serta kekerasan seksual.

Menurut Libby Sinlaeloe, Direktur Rumah Perempuan, LSM Peduli Perempuan-Anak, di Kupang, Kamis (25/7)  mengatakan, kekerasan terhadap anak yang terjadi dalam rumah tangga dan kekerasan seksual di wilayah provinsi NTT mencapai 167 kasus. Tahun 2011 naik menjadi 180 kasus, dan terus meningkat pada 2012 menjadi 249 kasus.

Libby menjelaskan, sejumlah faktor yang melatarbelakangi kekerasan adalah sistem patriarki yang kental dan terinternalisasi di dalam nilai, norma dan aturan yang ada dalam masyarakat. Akibatnya, muncul diskriminasi yang pada akhirnya mengakibatkan anak terhambat untuk memperoleh hak-haknya.

Karena itu, katanya, penting penyadaran bagi setiap komponen masyarakat tentang posisi dan status kaum perempuan dan anak di tengah-tengah masyarakat sebagai manusia ciptaan Tuhan yang sama derajatnya dengan laki-laki.

Menurutnya, dengan begitu akan muncul pemahaman lebih adil dan bermartabat terhadap perempuan dan anak, agar pada saatnya bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan untuk pemenuhan hak-haknya selaku warga masyarakat dan warga negara.

Untuk itu dirinya berpendapat, keberadaan lembaga adat yang terperangkap dalam kondisi menopang sistem patriarki tidak lantas memberangus upaya penyetaraan gender sebagai sesama ciptaan, dalam pemenuhan hak dan tanggung jawab di tengah masyarakat. (richo)

 

 

 

 

Baca Juga :  Tak serahkan LHP, BPK NTT dinilai keliru

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button