Home / Sport / Masyarakat Belum Sadar Manfaat Traffic Lights

Masyarakat Belum Sadar Manfaat Traffic Lights

Bagikan Halaman ini

Share Button

4

 

Moral-politik.com. Masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) khususnya para pengguna  kendaraan dinilai memiliki kesadaran yang amat rendah terhadap Traffic Lights, yang dipasang pada sejumlah titik di Kota Kefamenanu.

Kadis Perhubungan Kabupaten TTU. Ir. Morizon Kapa menjelaskan, Traffic Lights merupakan rambu-rambu lalu lintas bagi para pengguna  kendaraan bermotor, yang mempunyai manfaat yang besar bagi pengemudi agar terhindar dari kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) ketika menyeberang.

Menurut Kapa, kemacetan Trafic Lights adalah bukan kesalahan teknis tapi tingkat kesadaran masyarakat akan sarana dan prasarana semisalnya  kelengkapan Traffic Lights  masih sangat rendah. Secara teknis box kontaknya harus dipasang pada tiang Listrik tapi juga tetap hilang. Banyak orang sering berkumpul dan banyak aktifitas disekitar lokasi semisal pasar Simpang perempatan Pasar Lama, depan Tulip dan simpang perempatan Terminal Pasar Baru.

Dia menjelaskan, penyebab macetnya Traffic Lights karena masyarakat sering membakar sampah di dekat tiang Listrik,  sehingga menyebabkan Kabel  Traffic Lights terbakar dan Box Lampu yang dipasangpun  hilang, sesuai informasi yang didapat dari petugas monitoring dari Dinas Perhubungan setempat.

Untuk itu kedepan, kata Kapa, dirinya akan mengirim staf teknis untuk mengikuti pelatihan sekaligus studi banding akan penggunaan Traffic Lights supaya meminimalisir kemacetan ulah ketidak-tahuan akan fungsi kabel dan box lampu.

“Dominan kehilangan dan kabel dan box lampu adalah factor lingkungan, sedangkan kemacetan karena suku cadang cross lights tidak tersedia di toko elektronik di Kabupaten TTU,” ungkapnya.

Dijelaskan, ada 2 Time Switch yang sifatnya Analog ( penggunaan teknologi sederhana) yakni di simpang perempatan Terminal-Pasar baru dan Simpang Pos Lantas -Kantor Daerah. Sedangkan Time Switch yang di simpang perempatan Pasar Lama bersifat Digital menggunakan arus gelombang.

Baca Juga :  Balai Sungai Serius Tangani Bendungan Kolhua

Kadis Perhubungan Kabupaten TTU.  Ir. Morizon Kapapasar Baru mengakui bahwa tenaga teknik kita perlu pelatihan dan study banding, karna Dinas Perhubungan Kabupaten TTU telah berupaya turunkan Tenaga Teknis dari Kupang, Ibu Kota Provinsi NTT pun tidak bisa memperbaiki jaringan kerusakan Traffic Lights. (amy)

 

 

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button