Home / Pena_VJB / Mendagri: Bupati & Walikota Bersinergi dengan Gubernur

Mendagri: Bupati & Walikota Bersinergi dengan Gubernur

Bagikan Halaman ini

Share Button

gamawan-1

Moral-politik.com. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi meminta bupati dan  walikota untuk bersinergi dengan gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah, untuk mendukung seluruh program pemerintah dan bersama-sama memajukan negara ini.

Permintaan tersebut disampaikan Gamawan saat melantik Frans Lebu Raya dan Benny Alexander  Litelnoni, sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTT masa jabatan 2013 -2018 di Kupang, Selasa  (16/7).

Menurutnya, gubernur adalah wakil pemerintah pusat di daerah, dengan tugas pokok melakukan  koordinasi antarinstansi vertikal dan antarkabupaten/ kota, mulai dari perencanaan,  pelaksanaan dan hasil-hasilnya.

“Gubernur juga punya tugas melakukan pembinaan, sehingga di beberapa provinsi kerjasama  diwujudkan dalam berbagai program provinsi dengan berbagai kabupaten/kota. Sebagian dana yang
bersumber dari APBD provinsi dan sebagiannya bersumber dari APBD kabupaten/kota.

Sinergi inilah,lanjutnya, yang dibutuhkan untuk mensejahterakan rakyat. Sedangkan kegiatan  pengawasan yang dimiliki gubernur adalah untuk melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan
pemerintahan. Karena  tidak mungkin perijinan, kewenangan yang diberikan oleh nasional kepada  bupati/walikota dilaksanakan tanpa adanya pengawasan.

Dia mengatakan, tugas atau peran gubernur tersebut sudah diatur dalam PP Nomor 19 dan 23 Tahun  2011 lalu. “Mudah-mudahan dengan tugas gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah didukung sepenuhnya oleh bupati/walikota di daerah ini,” imbuhnya.

Dalam kaitan dengan ini, Gamawan berharap, kabupaten/kota dan provinsi hendaknya sinergi dalam  pelaksnaan pembangunan dalam provinsi.

“Jangan meniru beberapa daerah yang sedang berevoria dimana ada bupati/walikota yang tidak pernah mau datang ketika diundang gubernur!” tandasnya.***(AVI)

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga :  Pasangan Rusia Ini Usai Nikah Bersepeda.

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button