Home / Pena_VJB / Menderita Gizi Buruk 3 Tahun, Tak Digubris Pemkab Ronda

Menderita Gizi Buruk 3 Tahun, Tak Digubris Pemkab Ronda

Bagikan Halaman ini

Share Button

BL 2

Moral-politik.com. Kondisi kesehatan Defry Pah (3), warga Desa Oelasin, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao (Ronda)  dari hari ke hari terus memburuk akibat gizi buruk yang dideritanya sejak tiga tahun silam.

Buah hati pasangan Yunus Pah dan Naema Pah ini, tak seperti balita kebanyakan menikmati masa kecilnya dengan ceria, lain halnya dengan Defry yang melewati hari-harinya dengan penderitaan akibat gizi buruk yang menimpanya.

Ironis memang, slogan pemerintah yang berkampanye cukup serius untuk meningkatkan taraf kesehatan ibu dan anak. Kenyataan pahit yang dirasakan Defry merupakan kritikan atas kebijakan yang mungkin dapat disebut sebagai propoganda semata-mata.

Betapa tidak, meski tiga tahun Defry terbaring lemas di atas tempat tidur yang hanya beralaskan papan, namun tak ada satu pun kebijakan yang menyentuhnya, apalagi merawatnya hingga terbebas dari kegetiran hidup yang dialaminya itu.

Orangtua walinya, Fina yang diajak berbincang dengan Moral-politik.com di kediaman Defry, Sabtu (20/7) sore mengungkapkan, pihaknya telah berupaya maksimal untuk pengobatan Defry, namun tak kunjung membawa perubahan.

Keterbatasan ekonomi membuat pihaknya tak berdaya untuk merawat Defry hingga ke Rumah Sakit. Selama ini, ungkapnya, pihaknya hanya membawa Defry ke Puskesmas untuk jalani perawatan.

Meski berulang kali pihaknya membawa Defry ke Puskesmas di wilayah itu, pihak Puskesmas terus menghibur Defry dan keluarganya dengan janji manis yang terwujud seperti akan melaporkan kejadian itu ke Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao, yang berkantor di Ba’a, ibu kota Kabupaten Rote Ndao.

Tahun demi tahun berganti, mereka terus dihujani janji-janji palsu yang tak satu pun berwujud  jadi kenyataan.

“Selama ini tidak ada yang membantu kami agar Defry bisa sembuh secepatnya. Sebagai orang yang penuh keterbatasan, kami sangat mengharapkan uluran tangan dari orang peduli dengan keadaan kami,” keluhnya.

Baca Juga :  Benarkah Pria Takut Syahrini Karena Gaya Hidupnya Wah?

ab

Ditambahkannya, pihaknya berulang kali mendapat sosialisasi dari pihak terkait tentang pemberian makanan bergizi bagi balita.

“Jangankan untuk berobat ke rumah sakit atau ke dokter, untuk memberikan makanan yang bergizi saja sangat sulit,” ujarnya.

Pantauan wartawan di kediaman Defry Pah, Sabtu (20/7), meski kondisinya cukup kritis, Defry masih dapat menjamu wartawan dengan senyuman yang cukup lemah terlihat di bibirnya.

Bocah berusia tiga tahun tersebut, meski tak dapat berkata tentang kondisi kesehatannya, kondisi fisiknya terlihat cukup lemah saat berbaring di tempat tidurnya. (lima)   

 

               

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button