Home / Pena_VJB / Paket DEBES Minta Pilih Mereka Sebagai Calon Sangat Tepat

Paket DEBES Minta Pilih Mereka Sebagai Calon Sangat Tepat

Bagikan Halaman ini

Share Button

4

 

 

Moralpolitik.com. Dari 500 Kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, Kabupaten Rote Ndao yang berdiri menjadi daerah otonom pada 12 tahun lalu, hingga kini masih tergolong daerah tertinggal jika dibandingkan  daerah otonom lainnya di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kondisi tersebut semakin diperparah dengan kebijakan pembangunan pemerintahan selama 12 tahun terakhir, yang belum menyentuh kebutuhan rakyat, tapi lebih berselera pada impian segelintir orang—secara meyakinkan telah mendorong pertumbuhan masyarakat miskin semakin menjadi-jadi.

Calon Bupati Rote Ndao, David Detaq yang berpasangan dengan calon Wakil Bupati, Alfred Bessie (DEBES) yang ditemui di kediamannya mengatakan bahwa  keduanya bertekat mewujudkan masyarakat Rote Ndao yang sejahtera, sehat, cerdas, mandiri dan berdaya saing yang takut akan Tuhan dan cinta sesama.

Untuk mewujudkan hal itu, kata Calon Bupati Rote Ndao Pemilihan5 ini, dalam lima tahun ke depan dirinya bersama-sama semua elemen masyarakat akan menerapkan prinsip-prinsip manajemen modern dalam mengelola pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di bumi “Mai Fali” (Rote: Mari Pulang) ini.

Inti dari manajemen POAC tersebut, kata dia, adalah pengelolaan  pelbagai program pembangunan yang bottom up, bukan top down, dan yang berorientasi pelayanan prima kepada masyarakat.

Calon Bupati David Detaq mengatakan, seberapa bagusnya konsep pembangunan yang ditawarkan kepada saudara-saudaranya masyarakat Rote Ndao, tapi kalau wawasan berpikirnya belum ingin maju—ambil contoh, lanjut dia,  keterikatan pola pergaulan dan kekerabatan yang masih mengental pada semangat “ini orang Nusak saya”, dia “bukan orang Nusak saya” yang tak boleh didukung walau apapun yang terjadi, maka semuanya akan sia-sia belaka—atau—dengan kata lain, dirinya sedang membuang garam di laut.

Oleh karena itu, tambah David Detaq, dirinya mengajak saudara-saudaranya orang Rote Ndao untuk tumbuhkan satu perspektif baru—urusan adat tetap dihargai dan dijunjung tinggi—tapi jikalau memercakapkan tetang urusan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan demi Rote Ndao bisa keluar dari seonggok stigma miris (termiskin, terkorup, terbodok, terkebelakang), maka kini tibalah saatnya kita orang Rote Ndao bersatu padu untuk tekatkan pilihan pada pemimpin Rote Ndao lima tahun ke depan, yaitu Paket DEBES Nomor Pemilihan 5, karena dirinya yakin akan jauh lebih mampu entaskan pelbagai stigma miris yang telah menggurita Rote Ndao selama 12 tahun. (Lima)

Baca Juga :  Waooo, Ratusan Petugas Medis "Kepung" DPRD TTU!

 

 

 

 

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button