Home / Sport / Paket Lentera Janji Tempatkan Dokter di Setiap Desa

Paket Lentera Janji Tempatkan Dokter di Setiap Desa

Bagikan Halaman ini

Share Button

1

 

Moralpolitik.com. Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Rote Ndao, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao, Leonard Haning-Jonas Ch. Lun (Lentera) bertekat untuk menempatkan tenaga dokter di setiap kelurahan dan desa di Kabupaten Rote Ndao.

Hal ini diungkapkan incumbent Bupati Rote Ndao, Leonard Haning saat menyampaikan visi dan misi di gedung DPRD Kabupaten Rote Ndao, belum lama ini.

Calon Bupati Nomor urut 3 ini mengatakan upaya peningkatan kesehatan masyarakat menjadi salah satu prioritas program yang akan dilaksanakan pihaknya. Sehingga bila dalam Pemilukada nanti terpilih, pihaknya akan menyelenggarakan bantuan hibah dan bantuan teknis lainnya dengan menelusuri program-program bantuan pemerintah lain (Australia, khususnya bagi wilayah “Nothern Territorry”) dalam hal kesehatan dan perbaikan gizi masyarakat.

Selain itu sebut mantan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur ini, pihaknya akan mendatangkan investor swasta guna membangun rumah sakit berkualitas di Kabupaten Rote Ndao.

Untuk penematan sarana kesehatan kata dia, kedepanya akan dilaksanakan pembangunan fasilitas kesehatan pemerintah maupun milik pemerintah daerah sesuai dengan arahan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Rote Ndao.

“Akan menambah tenaga medis, satu kelurahan dan desa satu dokter,” terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat, pihaknya akan memperjuangkan penambahan alokasi anggaran melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pelayanan kesehatan. Disamping itu pihaknya mencanangkan pelayanan kesehatan gratis, bebas biaya berobat dan bebas biaya bersalin.

Pelaksanaan sejumlah kegiatan itu sebutnya sebagai salah satu program Paket Lentera yakni program bebas biaya kesehatan.

Sementara di bidang pendidikan lanjutnya, Paket Lentera memprogramkan program bebas biaya pendidikan yang diwujudnyatakan melalui sejumlah program unggulan yakni kerjasama antara sekolah-sekolah unggulan daerah dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang sudah maju di Indonesia.

Baca Juga :  SPM Mahasiswa Kedokteran raib di Kompleks RSUD Kupang

Kegiatan lain yang akan dilaksanakan keduanya yakni pembangunan fasilitas pendidikan setiap desa/kelurahan minimal satu Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar, Pembangunan dan penyelengaraan balai pelatihan dan SMK sesuai kebutuhan pengembangan Sumber Daya Alam (SDA), pesisir dan kelautan sesuai RTRW.

Disamping itu kata dia, pihaknya akan meningkatkan tunjangan dan kesejahteraan guru, pemberian beasiswa bagi masyarakat yang mau mengambil spesifikasi sesuai dengan tenaga ahli yang dibutuhkan daerah, menambah tenaga pengajar dan ahli agribisnis, agroindustri, perikanan dan pariwisata bagi pengelolaan SDA, pesisir dan pulau kecil serta wisata dan menambah alokasi APBD untuk pelayanan pendidikan, keahlian dan pelatihan. (lima)

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button