Home / Sport / Masyarakat Faennake Terancam Rawan Pangan

Masyarakat Faennake Terancam Rawan Pangan

Bagikan Halaman ini

Share Button

50

 

Moral-politik.com. Masyarakat Desa Faennake, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara dipastikan akan mengalami rawan pangan pada tahun ini. Bahkan, Sekdes Napan, Pangkratius Nulle memprediksi ketahanan pangan masyarakat di desa tersebut hanya berkisar hingga akhir Agustus.

Sekdes Faennake yang ditemui di kediamannya, Jumat (5/7) mengatakan, mulai awal September masyarakat  di desa tersebut mengalami rawan pangan. Hal ini, kata dia, disebabkan oleh gagal panen pada musim panen lalu, dimana tanaman pangan utama padi dan jagung hampir semua keluarga tani mengalami gagal panen.

Menurut dia, dari 226 KK  yang ada di desanya dengan jumlah jiwa 988 orang, semuanya akan mengalami rawan pangan, kecuali sejumlah KK PNS (PNS guru).

“Ya, KK Tani pasti mengalami rawan pangan dan yang bisa bertahan adalah para petani yang memiliki kebun ubi, sementara yang lain tidak tidak ada harapan, kecuali mereka yang punya ternak,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, tidak semua petani di desa tersebut memiliki kebun ubi dan juga memiliki ternak.

“Karena itu, kita dari pemerintah desa kuatir pada bulan Oktober ke atas bisa saja kondisinya amat parah,” katanya.

Dia menjelaskan, mengamati kondisi gagal panen yang dialami masyarakat  Faennake pada tahun ini, maka pada beberapa waktu lalu pihaknya sudah memasukan laporan kepada pemerintah daerah agar kedepan mendapat perhatian guna mengatasi kondisi tersebut.

“Ya, kita sudah masukan surat kepada Bupati, Wakil Bupati, DPRD TTU dan Dinas Sosial dengan menggambarkan kondisi tersebut agar kedepam mendapatkan perhatian,” urai Pankratius.

Diberitakan sebelumnya, ketua DPRD TTU, Roby Vincent Nailiu mengaku, setelah menerima pengaduan dari pemerintah desa, pihaknya telah menurunkan anggota DPRD TTU untuk mendengarkan langsung dari masyarakat Faennake.  Hasil kunjungan dari 1 anggota DPRD TTU, memang benar laporan tersebut. Karena itu DPRD TTU meminta pemda untuk memperhatikan laporan warga.  (amy)

Baca Juga :  Xana: Saya Harap Pilkada Rote Ndao Berlangsung dalam Damai

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button