Home / Sport / Pengidap HIV/AIDS di TTU Terus Bertambah

Pengidap HIV/AIDS di TTU Terus Bertambah

Bagikan Halaman ini

Share Button

peduli hiv aids
Moral-politik.com- Pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Timor Tengah Utara, terus bertambah. Saat ini pengidap HIV AIDS 132 orang yang  didominasi laki-laki 93 orang, perempuan 39 orang. Bahkan, 65 orang telah dinyatakan meninggal dunia.

Kepala Bagian Sosial Kabupaten TTU, Salvatory Lake  membenarkan data tersebut. Menurut dia, dari data KPAD sebanyak 132 orang yang terdeteksi sebagai pengidap HIV/AIDs, yang HIV  65 orang dan AIDS 67 orang.
“Sudah ada 65 orang yang dinyatakan meninggal akibat AIDS,” ungkapnya.

Menurut dia, banyak masyarakat TTU belum memahami akan penyebaran HIV/AIDs yang berdampak menyiksa manusia bahkan  merenggut nyawa manusia jika  masyarakat tidak budayakan pola  perilaku hidup sehat.
Selain itu juga belum tersedia tenaga terlatih ( tenaga medis ), belum ada klinik VCT khusus menangani para pengidap  HIV/AIDS. “Bayangkan  Obat saja di Suplay dari Kupang itupun terbatas.,” katanya.

Selain itu kata Lake, ada sejumlah keluarga yang sudah positif, tetapi menolak  dirujuk ke Kupang  dengan alasan ekonomi. Padahal pengobatannya gratis. Menurut dia, sampai saat ini masih ada masyarakat TTU yang beranggapan bahwa hal ini merupakan tabu sehingga menutup diri terhadap penyakit tersebut dan lebih memilih pasrah pada nasib.

Dijelaskan,  Komisi Penanggulangan Aids di Daerah Kabupaten  sudah terbentuk tapi tidak berjalan maksimal karena bersifat Ad Hock dan hanya focus pada kegiatan penyadaran masyarakat berupa berbagai sosailisasi. “Kita terkendala pada dana, kita sudah usulkan dalam usulan program dan sudah mendapat persetujuan tapi masuk dalam dana Hibah,”jelas Kabag Sosial dengan menambahkan, bila KPAD TTU sudah berjalan normal maka tentunya ada perekrutan tenaga medis terlatih guna melayani pasien HIV / AIDS secara terus menerus. (amy)

Baca Juga :  Bunda PAUD TTU Janji Perjuangkan Insentif Tutor

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button