Home / Sport / Polisi Kupang Kupang Kota Ajak Warga Tertib Berlalulintas

Polisi Kupang Kupang Kota Ajak Warga Tertib Berlalulintas

Bagikan Halaman ini

Share Button

polantas

Moral-politik.com. Satuan Lalu Lintas Satlantas Polres Kupang Kota mengajak warga Kota Kupang  agar sadar dan tertib berlalulintas. Kepala Satuan Lalu Lintas Kastlantas Polres Kupang Kota David Triyo Prasojo, mengajak para siswa-siswi baru tertib berlalu lintas bukan lantaran takut polisi dan takut kena tilang.

“Jangan tertib karena takut polisi. Dan jangan pula tertib karena takut ditilang. Tetapi tertiblah karena keselamatan dengan tertib berlalu lintas menjadi kebutuhan sehari-hari,” kata David Triyo Prasojo, saat membuka  sosialisasi tertib berlalu lintas bagi siswa-siswi baru di SMAN I Kota Kupang, Sabtu (20/7) lalu lintas.

Ia mengatakan kesadaran warga tertib berlalu lintas akan menghindarkan dari kecelakaan lalu lintas. Menurut Triyo Prasojo kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyebab kematian yang tinggi di NTT setelah penyakit jantung.
Kondisi itu, kata Parsojo, diperparah dengan rata-rata kecelakaan lalu lintas hingga menyebabkan korban jiwa menimpa usia-usia produktif. Usia produktif itu salah satunya berasal dari kalangan siswa-siswi SMA.

Parsojo  juga menyampaikan operasi yang dilakukan polisi terhadap pelanggar lalin juga lantaran tanggung jawab polisi untuk mengingatkan warga. Ia mencontohkan tilang kepada warga yang tidak menggunakan helm lamtaran vitalnya fungsi helm bagi pengendara. “Helm melindungi pengendara dari fatalitas bila terjadi kecelakaan. Lain halnya bila kepala si pengendara lebih keras dari aspal jalan sehingga kalau terjatuh ke aspal jalan kepalanya tidak apa-apa,” kata Parsojo.

Parsojo menambahkan tujuan penilangan sejatinya mulia tetapi kadang dimaknai salah oleh pelanggar. Semisal kepemilikan SIM bagi pengendara sangat penting karena ada pertanggungjawabannya. Pasalnya untuk mendapatkan SIM, seorang pengendara harus memenuhi persyaratan diantaranya mahir berkendara, mengetahui rambu-rambu hingga unur minimal 17 tahun. (richo)

Baca Juga :  Rote Ndao: 23 Pustu Belum Ada Tenaga Medis

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button