Home / Sport / Produksi Padi di NTT Menurun

Produksi Padi di NTT Menurun

Bagikan Halaman ini

Share Button

Rebo
Moral-politik.com. Produksi padi di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada kuartal pertama musim tanam 2012-2013 mengalami penurunan dibanding dengan periode yang sama pada musim tanam tahun
lalu.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan NTT, Yohanes Tay Ruba, kepada wartawan di Kupang, Sabtu (20/7) mengatakan, penurunan produksi tersebut hanya terjadi untuk komoditi padi sementara
komoditi jagung, kecang-kacangan mengalami kenaikan produksi.

Menurutnya, produksi padi di NTT pada tahun 2012 lalu meningkat sekitar 20 persen dari tahun  sebelumnya. Di mana pada tahun 2011, produksinya mencapai 591.000 ton, meningkat menjadi  704.000 ton pada tahun 2012 dan pada tahun 2013, produksinya ditargetkan sebanyak 724.252  ton.

“Selain produksi padi, peningkatan juga terjadi pada produksi jagung, yang tahun 2011  berjumlah 524 ribu ton naik menjadi 617 ribu ton pada tahun 2012,” katanya.

Saat ini, lanjutnya, untuk padi, para petani sedang menanti musim panen pada kuartal kedua  yang diprediksi meningkat karena didukung curah hujan yang cukup baik di hampir semua wilayah  NTT.”aat ini juga petani akan memasuki masa panen pada kwartal kedua, dipastikan panen pada  kwartal kedua ini akan meningkat.

Menurut dia, menurunnya produksi padi pada kwartal pertama, disebabkan oleh curah hujan yang  tidak merata. Hal ini cukup mengganggu pertumbuhan padi yang berimbas pada hasil produksi.

Selain itu, tambahnya, pada saat padi berbuah terjadi hujan yang lebat dalam waktu yang cukup  lama sehingga mengakibatkan kerusakan padi yang mulai berbuah.

“Hujan yang terjadi pada akhir bulan Februari dan bulan Maret intensitasnya cukup tinggi. Sementara, saat itu padi sedang berbuah sehingga menjadi rusak,” katanya.

Dia menambahkan, Curah hujan yang terjadi pada bulan Maret telah memberi kesempatan bagi  petani untuk menanam pada kuartal kedua dan dijamin dengan ketersediaan air yang melimpah.***(AVI)

Baca Juga :  Dr. Tammy: Jangan Resah Jika Tahu Suami Suka Nonton Film “X”

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button