Home / Sport / RD. Eman Nautu: Gereja “Tidur”, OMK Menjauh

RD. Eman Nautu: Gereja “Tidur”, OMK Menjauh

Bagikan Halaman ini

Share Button

RD. Emanuel Nautu- Moderator THS-THM dan OMK Dekanat Malaka (3)

 

Moral-politik.com. Moderator Orang Muda Katolik (OMK) Dekanat Malaka, RD. Emanuel Nautu yang ditemui Moral-politik.com di Gereja Santu Laurensius Wemasa, Kabupaten Malaka, Minggu (7/7) mengatakan, dewasa ini semangat OMK untuk menggereja di Indonesia semakin redup. Karena budaya hedonism dan kemajuan teknologi yang telah maju pesat, telah membuat OMK kehilangan jati dirinya. Akibatnya gereja kewalahan menghadapi OMK.

“Semangat OMK untuk terlibat aktif di gereja semakin pudar. Beragam permasalahan yang sedang dihadapi oleh kita semua. Kita sedang memikirkan bagaimana caranya agar OMK itu kembali bergiat dalam meningkatkan semangat missionernya. Pastor, Suster, Bruder dan Frater yang mendampingi OMK perlu memahami dunianya agar mudah dalam menggerakkan OMK tersebut. OMK identik dengan hura-hura. Kalau kita tidak membuat acara atau kegiatan yang bernuansa hura-hura, OMK semakin menjauh!” kritiknya Imam muda ini.

RD. Eman Nautu melanjutkan, dalam waktu dekat ini akan diadakan Pekan OMK se Dekanat Malaka. Tujuannya mengajak kembali OMK  terlibat aktif  dalam kegiatan gereja. Karena selama ini ada kesan bahwa gereja seolah-olah “mencuci tangan” terhadap kondisi yang sedang dialami OMK Indonesia.

“Gereja Katolik Roma selama ini “tertidur” sehingga membuat OMK pun semakin menjauh. Setelah OMK telah menjauh, barulah Gereja merasa terkejut. Terkejut tapi sudah terlambat,” katanya.

Ketika ditanya, apakah karena gereja tidak mau “direpotkan” dengan OMK yang nota bene kebanyakan anak-anak muda yang tidak stabil secara emosional, dengan santai RD. Eman Nautu mengatakan, mungkin juga. Karena selama ini Gereja Katolik Roma lebih banyak “tidur”. Buktinya banyak umat yang telah berpindah agama karena kecewa dengan gembalanya. Gembalanya harus merubah sikap, sehingga tidak terus mengecewakan umatnya. Kalau gereja kosong, gembala mau berbuat apa?” kritiknya menggelitik. (Felix)

Baca Juga :  September, BPS Umumkan Hasil Sensus Pertanian

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button