Home / Sport / Rote Ndao: Implementasi ADD di Desa Nggodimeda Belum Tuntas

Rote Ndao: Implementasi ADD di Desa Nggodimeda Belum Tuntas

Bagikan Halaman ini

Share Button

20

 foto: ilustrasi keadaan rote ndao

 

Moral-politik.com. Tahun anggaran 2011 telah berlalu, namun kegiatan pembangunan yang dibiayai Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Nggodimeda, Kecamatan Rote Tengah hingga saat ini tak juga rampung.

Pasalnya pekerjaan ruas jalan setapak di Mohanakdale Desa Nggodimeda, yang dibiayai ADD TA.2011 lalu hingga saat ini tak kunjung selesai.

Sejumlah warga yang berhasil dikonfirmasi wartawan di lokasi tersebut, Senin (8/7)  mengungkapkan, pekerjaan setapak dengan panjang diperkirakan 500 meter masih terus dikerjakan.

“Pekerjaan ruas jalan setapak ini sudah dianggarkan dengan ADD TA.2011 lalu, sekarang masih dikerjakan dengan menyiram sirtu tanah putih,” kata salah satu warga di lokasi itu yang enggan menyebutkan namanya.

Bahkan, kata dia, pekerjaan tersebut terkesan dilaksanakan secara sepihak oleh Kepala Desa Nggodimeda, Yefta Lian tanpa melibatkan masyarakat di desa tersebut.

“Pekerjaan ini juga dilakukan tanpa ada persetujuan dengan warga,” katanya.

Pihaknya juga mempertanyakan pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan terlambat dari jadwal yang telah ditetapkan.

“Sepengetahuan kami, setiap pekerjaan dilakukan dalam jangka waktu tertentu buka bertahun-tahun seperti ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya mengaku heran dengan pelaksanaan pekerjaan tersebut, sebab pekerjaan pembangunan pagar sekolah dengan menggunakan ADD TA.2012 lalu di desa tersebut diselesaikan tepat waktu.

“Pekerjaan pagar sekolah tahun lalu dengan menggunakan dana ADD selesai tepat waktu sementara pekerjaan jalan setapak dengan dana ADD TA.2011 sampai sekarang belum selesai. Hal ini menunjukan ada penyimpangan dalam pengelolaan dana ini,” katanya.

Menghindari terjadinya persoalan yang sama, pihak Polres Rote Ndao diminta melakukan penyelidikan atas kasus tersebut.

Untuk diketahui, Kepala BPK Perwakilan wilayah NTT, Bernardus Dwita Perdana, SE, Me-Comm dalam surat nomor 223.a/S/XIX.KUP/07/2012 yang ditujukan kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Rote Ndao yang copiannya diperoleh wartawan di Ba’a, belum lama ini mengatakan, bantuan keuangan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao kepada desa dalam tahun anggaran 2011 lalu sebesar Rp.10.963.644.570 menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Nusa Tenggara Timur. (lima)

Baca Juga :  100 rumah RTJK di Rote diserahkan

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button