Home / Sport / Rote Ndao: Pengamanan Hutan Produksi

Rote Ndao: Pengamanan Hutan Produksi

Bagikan Halaman ini

Share Button

14

 

Moral-politik.com. Hingga saat ini Kabupaten Rote Ndao memiliki luas lahan hutan produksi yang cukup luas, yakni mencapai 25 ribu hektaare yang tersebar pada tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Rote Ndao.

Hal ini disampaikan Kepala KPHP Kabupaten Rote Ndao, Ir.Stef  Saek kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (9/7).

Selain hutan produksi, kata dia, sesuai hasil inventarisasi yang dilakukan pihaknya, saat ini di Kabupaten Rote Ndao terdapat 15 ribu hektaare hutan yang masuk dalam kawasan hutan lindung.

Untuk pengamanan atas hutan yang masuk dalam kawasan hutan produksi maupun hutan lindung tersebut, secara rutin pihaknya bersama masyarakat yang berada di sekitar kawasan hutan melakukan monitoring.

“Pengawasan dilaksanakan secara rutin oleh petugas. Kami mengharapkan adanya partisipasi dari seluruh kelompok masyarakat yang berada di sekitar kawasan hutan agar bersama petugas melakukan pengawasan tanaman itu,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, untuk pengawasan terhadap hutan yang ada, kedepan pihaknya akan membangun kemitraan dengan masyarakat yang bermukim di sekitar kawasan hutan.

Dia menambahkan, untuk penghutanan kembali atas kawasan hutan yang telah rusak akibat dirambah oknum tak dikenal pihaknya akan mendistribusikan anakan untuk berupa anakan jati, gamelia dan mahoni.

Sedangkan pengelolaan lahan untuk kegiatan penghijauan kembali, pihaknya memberikan kewenangan kepada masyarakat untuk mengelolanya.

“Karena lahan kehuatan itu berbasis masyarakat, maka masyarakat diberikan tanggungjawab untuk mengurus lahan kehuatan itu, dengan sistem kelompok,” ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan itu tambah dia, merupakan bentuk dukung Pemerintah Kabupaten Rote Ndao atas program nasional seperti  Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (Gerhan), reboisasi pembangunan hutan tanaman industri, pembangunan hutan tanaman rakyat dan kampanye Indonesia menanam.(lima)

Baca Juga :  Tellend Mark Daud: Pemkot Lamban Antisipasi Sail Komodo

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button