Home / Sport / Rote Ndao: Quo Vadis Perusahaan Daerah Ita Esa?

Rote Ndao: Quo Vadis Perusahaan Daerah Ita Esa?

Bagikan Halaman ini

Share Button

KANTOR PD ITA ESA

 

Moral-politik.com. Perusahan Milik Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, PD.Ita Esa yang berkantor di Kelurahan Mokdale, Kecamatan Lobalain diduga tak lagi beroperasi karena berbagai persoalan yang melilit perusahan itu.

Sejumlah warga yang bermukim di sekitar kantor perusahan itu menyebutkan aktivitas di kantor perusahan tersebut mendadak berhenti terhitung Mei 2013 lalu.

“Sudah hampir dua bulan tidak ada aktivitas lagi di sini. Kami tidak tahu kenapa tidak ada aktivitas,” kata salah seorang warga di sekitar lokasi itu, Senin (8/7).

Menurut warga yang enggan menyebutkan namanya itu, pasca tak beroperasi karyawan di perusahan tersebut juga tak berkantor.

“Mungkin sudah ditutup karena selama ini kantornya tidak pernah dibuka. Di sini ramai saat pendistribusian pupuk pada awal tahun ini,” ujarnya.

Pantauan wartawan di sekitar kantor PD.Ita Esa, Senin (8/7), suasana di sekitar kantor tersebut cukup lengang dan pintu masuk menuju kantor juga tertutup.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan dari sejumlah sumber menyebutkan, perusahan itu tak beroperasi disebabkan karena persoalan yang melilit perusahan tersebut. Pasalnya laporan keuangan perusahan yang bersumber dari pendapatan perusahan maupun penyertaan modal dari Pemkab Rote Ndao belum dilakukan.

Selain itu disebutkan, pasca tak beroperasinya perusahan tersebut, Direktur Utama PD.Ita Esa, Mira Riwu disebut-sebut telah meninggalkan wilayah Rote Ndao.

Hingga berita ini diturunkan, Direktur Utama PD.Ita Esa, Mira Riwu belum dapat dihubungi wartawan. Beberapa kali dihubungi melalui telepon genggamnya juga tak aktif.

Bupati Rote Ndao, Drs.Leonard Haning, MM saat tampil sebagai inspektur upacara pada HUT Rote Ndao di kantor Bupati Rote Ndao, pekan kemarin mengaku kecewa dengan penyaluran pupuk di Kabupaten Rote Ndao oleh Perusahan Daerah Ita Esa milik Pemerintah Kabupaten Rote Ndao di awal tahun anggaran 2013.

Baca Juga :  Maraknya Masalah TKI, Rumah Perempuan Gelar Diskusi

Menurutnya, persoalan penyaluran pupuk yang terjadi di Kabupaten Rote Ndao beberapa waktu lalu menjadi salah satu bukti ketidakmampuan perusahan tersebut dalam memenuhi kebutuhan pupuk warga.

Kondisi gagal panen yang terjadi di Kabupaten Rote Ndao tahun ini, sebutnya, selain disebabkan karena faktor alam juga dipicu penyaluran pupuk ke petani yang tak jelas. (lima)

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button