Home / Pena_VJB / Sukses Jadi Kota Ramah Anak, DPRD Minta Walikota Urus Sampah!

Sukses Jadi Kota Ramah Anak, DPRD Minta Walikota Urus Sampah!

Bagikan Halaman ini

Share Button

6

Moral-politik.com. Masalah sampah di Kota Kupang adalah tantangan yang sangat berat dari sekian banyak masalah di Kota ini. Bukan sekadar sampah bikinan warganya, namun juga sampah penduduk kota-kota di sekeliling kota yang kian hari kian meningkat. Maka dari itu Pemerintah Kota Kupang melalui Instansi terkait harus bisa membuat suatu terobosan dan inovatif  baru guna mengatasi masalah sampah di daerah ini.

“Saya harap Pemerintah menerapkan suatu terobosan baru untuk mengatasi akan masalah sampah yang tiap tahun tidak pernah terselesaikan dengan memulai dari tingkat sekolah,dengan cara mendorong intansi terkait untuk mulai terapkan cara hidup sehat untuk menjaga lingkungan dari siswa di sekolah,” kata Anggota DPRD Kota Kupang asal Fraksi PDI Perjuangan, Epy Seran kepada wartawan di ruang Fraksi PDI Perjuangan, DPRD Kota Kupang, Rabu  (31/7).

Menurut Epy, perlunya pengembangan akan penanganan sampah dimulai dari sekolah, bertujuan untuk mereka para siswa yang usia dini bisa memberikan contoh atau teladan dalam keluarga, lingkungan maupun di masyarakat nantinya.

“Saya rasa ini yang perlu dilakukan pemerintah bersama Dinas Kebersihan untuk melakukan kolaborosi  dengan Dinas PPO Kota sebagai instansi teknis yang bersentuhan langsung dengan  sekolah-sekolah, yang ada di Kota Kupang untuk bisa memberikan sosialisasi di sekolah guna mereka yang akan menjadi corong nantinya dalam lingkungan keluarga, maupun masyarakat, sehingga masalah akan sampah ini bisa teratasi,” katanya.

Selain itu juga ,lanjut Epy, pemerintah juga harus buat suatu kelurahan contoh sadar sampah dengan melibatkan semua komponen yang ada dalam kelurahan tersebut sebagai pemerhati akan masalah sampah, sehingga masayarakat lain yang ada di kelurahan lain juga bisa meniru contoh tersebut.

Baca Juga :  Paul SinlaeloE Sesali Dana Bansos Diberikan ke Kejati NTT

“Memang program pemerintah soal Jumat bersih bagus yakni membangun kebersamaan, namun perlu juga penyadaran akan buang sampah tepat waktu maupun pada tempat, harus dididik dari usia dini, karena akses akan peran pemerintah cukup luas di semua lini, dan juga suatu penerapan akan program itu tentunya harus ada pewarisnya,” jelasnya. (Nyongky)

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button