Home / Pena_VJB / Suster Sesilia: Jangan-jangan Aparat Pendukung Utama Trafficking di Belu?

Suster Sesilia: Jangan-jangan Aparat Pendukung Utama Trafficking di Belu?

Bagikan Halaman ini

Share Button

wefeer

 

Moral-politik.com. Kasus penjualan manusia atau Trafficking di Kabupaten Belu masih meningkat. Apakah aparat desa, kecamatan, kelurahan hingga  pemerintah kabupaten, dan aparat kepolisian tidak bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya?

Demikian dikatakan oleh Suster Sesilia, SSpS dalam nada tanya sebagai Ketua Forum Perlindungan Perempuan dan Anak (FPPA) ketika ditemui, Sabtu (27/7).

Dalam terang pikir Suster Sesilia, jika semua lembaga/ instansi bekerja dengan baik, maka trafficking itu pasti perlahan-lahan berkurang.

“Ini bukannya berkurang, malah makin menjadi-jadi,” gumamnya.

Pihak gereja, kada dia, atau tokoh-tokoh agama hanya bisa  sebatas menyuarakan. Aparat jangan seolah-olah mendukung adanya trafficking di Belu. Yang bekerja itu, lanjutnya, adalah lembaga/instansi terkait yang sudah disebutkannya. Mau diapakan anak-anak Belu ke depan, jika selalu dijadikan korban trafficking?

Suster  Sesilia yang baru saja kembali dari mengikuti pertemuan internasional di luar negeri ini mengatakan, Kabupaten Belu merupakan “lahan” empuk aksi traffickinga. Penyebab terjadinya trafficking adalah lemahnya pengontrolan di lapangan, dan lemahnya ekonomi rumah tangga sehingga memudahkan pihak-pihak tertentu beraksi.

Sebab lain yang semestinya punya power untuk membendungnya, kata dia, yakni lemahnya pengontrolan dari aparat, baik desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga aparat keamanan.

“Jika aparat pemerintahan dan aparat keamanan mau bekerja dengan baik, maka saya melihat tidak akan ada trafficking. Terjadinya Trafficking itu kan lemahnya pengontrolan dan pengawasan dari aparat,” solusinya.

Di bibir wawancara, Suster Sisilia menggumam, wartawan tulis berita dulu baru mereka mau bekerja. Kalau pakai system seperti itu, kapan baru masyarakat boleh merasa nyaman? Saya melihat adanya indikasi, jangan-jangan aparat pendukung utama terjadi trafficking di Belu? (Felix)

 

 

Baca Juga :  Harga BBM Belum Naik, Masyarakat Telah "Dicekik Lehernya"

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button