Home / Sport / SUTT dan SUTET Tidak Berbahaya Bagi Manusia

SUTT dan SUTET Tidak Berbahaya Bagi Manusia

Bagikan Halaman ini

Share Button

9foto: ilustrasi

 

Moral-politik.com. Listrik di zaman modern ini merupakan bentuk energi yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hampir semua kegiatan manusia modern bergantung pada energi listrik.

Salah satu pemateri pada Workshop SUTT – SUTET dan Pengaruhnya bagi Kesehatan Manusia dan Lingkungan, Profesor Ida Ayu Dwi Giriantari, ketika ditemui wartawan usai kegiatan di Aula El Tari Rabu lalu mengatakan, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) tidak berbahaya bagi Manusia.

“Kita sudah buat penelitian dan itu tidak bahaya”, ujar Prof Dayu Giriantari.

Ditanya berapa jarak aman dari rumah ke instalasi listrik yang dipasang PLN, Dayu Giriantari mengatakan, hal itu tergantung kondisi, namun menurut dia jarak 14 meter lebih sudah bisa dijamin listrik tidak membahayakan kehidupan manusia serta lingkungan.

Prof Dayu Giriantari menegaskan, tidak ada alasan masyarakat menolak pemasangan instalasi listrik yang melewati perumahan penduduk.

“Hanya mungkin mereka belum mendapat informasi yang tepat,” kata dosen Universitas Udayana, Denpasar-Bali ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi NTT, Danny Suhady mengatakan, listrik di NTT baru dinikmati oleh 50 % penduduk, karena itu perlu dukungan dari semua pihak.

“Pemerintah masih mensubsidi listrik sebesar Rp 78 Trilyun lebih, sehingga disayangkan jika sebagian masyarakat menghalangi kerja PLN untuk mensuplay aliran listrik kepada orang lain,” ungkap Suhady. (Ale)

Baca Juga :  BPK NTT Audit dana Rp 15 Juta pada Rumah Perempuan

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button