Home / Sport / Syaiful Hadi: Angin Kencang Hantam NTT

Syaiful Hadi: Angin Kencang Hantam NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button

110

foto: ilustrasi

 

Moral-politik.com. Wilayah Nusa Tenggara Timur dalam sepekan terakhir ini dilanda badai angin kencang dengan kecepatan rata-rata mencapai 55 km/jam, yang mengakibatkan terganggunya jalur pelayaran di daerah tersebut.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas II El Tari Kupang Syaiful Hadi  yang dihubungi di Kupang, Selasa (2/7) mengatakan, pihaknya sudah keluarkan peringatan dini kepada para operator kapal dan pelaksanakan perjalanan yang menggunakan jasa perahu motor dan  kapal motor penyeberangan untuk tetap waspada.

Dia menjelaskan, angin timur yang melintas di atas wilayah NTT kembali menguat pada kisaran antara 20-45 km/jam, karena adanya perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan dengan kawasan Australia.

“Tekanan udara di Australia saat ini mencapai 1.030 milibar (MB), sedang di daerah dataran  rendah NTT hanya mencapai 1.012 MB. Kondisi inilah yang memicu terjadinya angin kencang di  NTT, ujarnya.

Dia menjelaskan, monsun Australia direpresentasikan oleh angin timuran lemah, pola tekanan  udara di Samudera Hindia sebelah barat Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan di sekitar  Pulau Jawa. Akibatnya, wilayah Indonesia bagian barat masih didominasi angin baratan yang  membawa uap air dari Samudera Hindia ke Pulau Jawa yang kemudian memicu peningkatan aktivitas awan-awan hujan.

Dia mengatakan, Indonesia sangat rentan terhadap perubahan iklim global, karena terletak di  daerah tropis antara Benua Asia dan Australia, Samudera Pasifik dan Hindia, serta dilalui  garis khatulistiwa dan pulau-pulau.

“Berdasarkan hasil foto satelit, awal musim kemarau 2013 di 342 Zona Musim (ZoM) diperkirakan  mulai Mei 2013 sebanyak 110 ZoM (32,2 persen) dan April 2013 sebanyak 96 ZoM (28,1 persen),” paparnya.***(AVI)

Baca Juga :  Pleno Hasil Pilgub, Polresta Kupang Kerahkan 600 Polisi

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button