Home / Sport / Syaiful Hadi: Prakiraan Musim Kemarau di NTT Berubah

Syaiful Hadi: Prakiraan Musim Kemarau di NTT Berubah

Bagikan Halaman ini

Share Button

70

 

Moral-politik.com. Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas II El Tari Kupang, Syaiful Hadi mengatakan, prakiraan awal musim kemarau untuk NTT sama dengan BMKG pusat, karena memang sudah dilakukan verifikasi yaitu umumnya musim kemarau berlangsung pada April sampai Mei atau berubah dari prakiraan sebelumnya pada bulan Juli.

Hal tersebut disampaikan Syaiful Hadi saat dihubungi di Kupang, Selasa (2/7) sehubungan dengan prakiraan awal musim kemarau di NTT yang berubah-ubah karena cuaca ekstrim.

Dia mengatakan, jika dibandingkan terhadap rata-ratanya selama 30 tahun (1981- 2010), awal  musim kemarau 2013, sebagian besar daerah yaitu 147 ZoM (43,0 persen) sama dengan rata-ratanya dan 117 ZoM (34,2 persen) mundur terhadap rata-ratanya.

“Sedangkan yang maju terhadap rata-rata 78 ZoM (22,8 persen). Sifat hujan selama musim kemarau 2013 di sebagian besar daerah yaitu 241 ZoM (70,5 persen) diperkirakan normal dan 65 ZoM (19,0 persen) di atas normal. Sedangkan bawah normal yang 36 ZoM (10,5 persen).

Karena itu, katanya, para petani maupun pemerintah dapat mengambil langkah antisipasi sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing.

Menurutnya, bagi daerah yang memiliki banyak sumber air dari embung-embung maupun irigasi, bisa melakukan penghematan dengan menanam tanaman-tanaman umur pendek untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, tanpa mengganggu persediaan pangan untuk kebutuhan selama musim kemarau.

“Artinya, hasil panen bisa disimpan dulu untuk kebutuhan ke depan. Masyarakat bisa manfaatkan peluang yang ada untuk memperoleh penghasilan tambahan seperti menanam sayur-sayuran, buah-  buahan dan tanaman umur pendek lainnya,” katanya.*** (AVI)

Baca Juga :  Mengaku Brimob, warga Lasiana dibekuk Polisi

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button