Home / Sport / Tak Kantongi Ijin, Pemkab Didesak Hentikan Penambang Liar

Tak Kantongi Ijin, Pemkab Didesak Hentikan Penambang Liar

Bagikan Halaman ini

Share Button

6

foto: ilustrasi.

 

Moral-politik.com. Mencegah terjadinya kerugian yang lebih besar serta mengantisipasi timbulnya kerusakan lingkungan yang lebih parah, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao didesak menghentikan para pengusaha yang melaksanakan aktivitas penambangan tanpa mengantongi ijin yang jelas.

Desakan itu disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rote Ndao, Adrianus Adu, ST kepada saat dihubungi wartawan pertelepon, Selasa  (30/7) kemarin.

“Yang jelasnya bahwa daerah sangat dirugikan akibat penambangan liar itu,”tandasnya.

Menurut Ady, seluruh kegiatan eksplorasi hasil bumi seperti penambangan galian golongan C harus mendapat ijin yang jelas dari instansi terkait.

“Lokasi tambang harus ada ijin tambang dari Pemda. Siapapun boleh beroperasi asalkan mengantongi ijin terlebih dahulu. Kalau tidak ada ijin kenapa dibiarkan beroperasi sehingga harus ditertibkan,” ujarnya.

Kepada wartawan, Ady demikian politisi asal Partai Demokrat itu disapa kuatirkan maraknya aktivitas penambangan liar di Rote Ndao terkesan ada pembiaran dari Pemkab Rote Ndao.

Bahkan Ady menduga, Pemkab Rote Ndao berkonspirasi dengan pengusaha tambang sehingga aktivitas penambangan liar terus berkelanjutan.

“Yang jelas bahwa penambangan yang dilaksanakan tanpa ijin adalah ilegal. Kalau pemerintah tahu kenapa tidak ditertibkan, semestinya dihentikan kalau tidak ada ijin!” tandas Ady. (lima)

 

Baca Juga :  Rote : Pasar Holoama Mubazir

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button