Home / Sport / Tinggi Gelombang 5 Meter, ASDP Kupang Tutup Pelayaran

Tinggi Gelombang 5 Meter, ASDP Kupang Tutup Pelayaran

Bagikan Halaman ini

Share Button

5

                                                                                                    foto: ilustrasi.

 

Moral-politik.com. Cuaca buruk yang melanda NTT dalam sepekan terakhir menyebabkan PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Kupang kembali menutup sementara pelayaran ke sejumlah lintasan akibat cuaca buruk. Penutupan itu bertepatan dengan jadwal lintasan Kupang- Aimere, Kabupaten Ngada dan Kupang-Ba’a,  Kabupaten Rote Ndao,

Hal tersebut disampaikan Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang, Anas saat dihubungi di Kupang, Rabu (24/7).

Menurutnya, dua kapal motor penyeberangan (KMP) Ferry yang dibatalkan penyeberangan adalah  KMP Ile Mandiri dengan rute Kupang-Aimere, dan KMP Ile Ape dengan rute Kupang-Ba’a.

“Untuk sementara kami menutup pelayaran ke sejumlah lintasan, karena cuaca buruk yang melanda  wilayah perairan NTT,” kata Anas.

Dia menjelaskan, penutupan pelayaran itu berdasarkan imbauan Badan Meteorologi Geofisika dan  Klimatologi (BMKG) El Tari Kupang, dimana tinggi gelombang di perairan NTT mencapai lima  meter. Karena itulah pihaknya menghentikan sementara pelayaran ke sejumlah lintasan. BMKG  juga mengimbau agar kapal dan perahu motor bertonase kecil membatalkan pelayaran.

Selain itu, tambah Anas, manajemen PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang memilih untuk  menutup pelayaran karena tiupan angin yang cukup kencang yang menyebabkan gelombang tinggi. Jika dipaksakan untuk berlayar, resikonya sangat besar. Demi menjaga keselamatan penumpang  dan kapal, pelayaran untuk sementara ditutup.

Akibat penutupan pelayaran itu, puluhan kendaraan yang mengangkut kebutuhan pokok masyarakat masih tertahan di pelabuhan penyeberangan Bolok, Kabupaten Kupang. Mereka tetap menunggu hingga manajemen ASDP kembali membuka pelayaran.***(AVI)

 

Baca Juga :  Penemuan Jasad Bayi, Saksi Telah Diperiksa

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button