Home / Sport / TTU: Desa Tes Alokasikan Bantuan Pendidikan Anak Cukup Besar

TTU: Desa Tes Alokasikan Bantuan Pendidikan Anak Cukup Besar

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kades Tes, Martinus T

Moral-politik.com. Pemerintah Desa Tes, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara dalam tahun 2013 cukup memberikan perhatian yang serius terhadap pendidikan anak. Buktinya, dalam Rencana Anggaran Belanja Desa  tahun ini, dari Alokasi Dana Desa, selain tunjangan dan pembangunan fisik, khusus untuk bantuan pendidikan bagi anak Tes, cukup besar yakni Rp 11. 150.000 dari total ADD Rp 98. 782. 887.

Kades Tes, Martinus Tebes yang ditemui di kediamannya, Sabtu (6/7) menjelaskan, bantuan pendidikan anak tersebut  terdiri dari bantuan biaya sekola bagi 11 siswi SMPN Napan, masing-masing Rp 15.000, bantuan kepada 10 siswa asal desa Tes yang bersekolah di SMA Bikomi Utara dan sejumlah SMA di TTU masing-masing Rp 400.000.

Selain itu, bantuan biaya kuliah bagi 6 mahasiswa asal Desa Tes  masing-masing Rp 750.000, dan bantuan transportasi  kepada 5 siswa SD Tes yakni masing masing Rp 200.000.

“Untuk bantuan biaya sekolah, kita akan langsung membayarnya pada sekolahnya msing-masing. Jadi pembayaranya bukan melalui orang tua. Bantuan ini bagi siswa yang berpretasi dan ekonomi lemah,” ungkapnya.

Selain itu, ada bantuan dana untuk pemberian makanan tambahan bagi bayi-balita untuk 2 unit Posyandu masing-masing Rp 600.000.

Ketika ditanya soal pembangunan fisik bagi masyarakat, Martinus mengatakan, pihaknya mengalokasikan  dana untuk 3 unit rumah bagi penduduk yang selama ini belum layak huni, dimana masing-masing unit dialokasikan dana sebesar Rp 6 juta.

Selain itu juga, ada bantuan WC sehat tiga unit bagi warga yang belum memiliki WC sehat, masing-masing unit dianggarkan sebesar Rp 1.200.000.

Dia menjelaskan, bantuan biaya sekolah baik SD, SMP, SMA dan mahasiswa di desa Tes sudah dilakukan sejak tahun 2008.

“Setiap tahun kita selalu tingkatkan, dan hal ini kia sudah lakukan sejak 2008 yang lalu,” ungkapnya, lalu menambahkan, bila ADD sudah dicairkan Pemkab TTU, pihaknya akan langsung melaksanakan sesuai RAPBDes 2013, dan akan lebih mendahulukan bantuan pendidikan bagi anak. (amy)

Baca Juga :  Siarkan Hal Tabu, KPI Tegur SCTV

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button