Home / Sport / TTU: Sudah 7 Bulan, ADD Desa Napan Belum Cair

TTU: Sudah 7 Bulan, ADD Desa Napan Belum Cair

Bagikan Halaman ini

Share Button

Yohanes Anunu, Kades Napan

 

Moral-politik.com. Meskipun sudah 7 bulan berjalan dalam tahun anggaran 2013, tapi sejumlah aparat desa di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), mengaku  hingga kini Alakoasi Dana Desa (ADD) belum juga cair. Akibatnya, program dan aktivitas desa menjadi mandek.

“Ya, hingga saat ini ADD belum juga cair padahal sekrang ini sadah bulan ke-7,” ungkap Kepala Desa Napan, Yohanes Anunu yang ditemui di ruang kerjanya, pagi tadi.

Menurut Anunu, pihaknya sampai hari ini tidak mengetahui secara pasti kelambanan dalam pencairan ADD tahun ini, tapi yang jelasnya berdasarkan informasi yang mereka terima, sidang penetapan anggaran sudah dilakukan DPRD TTU pada beberapa waktu lalu.

“Saya sendiri tidak tahu, kenapa pemerintah kabupaten ini, sampai saat ini belum juga mencairkan ADD,”ungkapnya.

Dia menjelaskan, hal ini mengakibatkan program dan aktifitas yang telah direncanakan selama ini tidak bisa terlaksana.

“Ya, kita mau buat apa di kantor, yang jelas semua urusan di kantor jadi macet,” ungkap kades yang desanya berbatasan langsung dengan Oesilu, Distrik Oecusse, Timor Leste ini.

Selain itu, kata dia, program yang ditetapkan selama tahun berjalan tidak akan efektif dan tidak bisa terlaksana semuanya. Hal ini, kata Anunu, sudah terbukti beberap tahun terakhir.

“Sebenarnya saya sudah programkan setiap tahun dari aspek fisik, saya harus bangun 3 rumah penduduk, tapi sayangnya program ini hanya bisa terlaksana di tahun pertama 2008, tahun kedua 2009, tetapi mulai memasuki tahun 2010, 2011 hingga saat ini tidak bisa terlaksana dengan baik, karena pencairan dan selalu terlambat, sehingga dananya terbawa ke tahun berikut dan mulai berkurang dari tahun-tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, di tahun 2008 -2009, total ADD baik fisik maupun non fisik mencapai Rp 200 juta, tapi mulai tahun 2011 ke atas dana ADD mulai berkurang hingga saat ini hanya Rp 160 juta lebih.

Baca Juga :  Cederai Lionel Messi, Pedro Bigas Minta Maaf

“ADD tertinggi di TTU itu kita yang pegang, sedangkan desa lainnya di bawah Rp 100 juta,” ungkapnya. (amy)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button