Home / Pena_VJB / 166 Orang Napi Teroris di Guantanamo Rayakan Idul Fitri

166 Orang Napi Teroris di Guantanamo Rayakan Idul Fitri

Bagikan Halaman ini

Share Button

9foto: ilustrasi keadaan di guantanamo

 

 

Moral-politik.com.  Lembaga pemasyarakatan atau penjara punya cara sendiri-sendiri  dalam merayakan hari besar keagamaan, seperti Idul Fitri. Begitu juga dengan penjara di Teluk Guantanamo, Kuba. Di penjara ini para petugasnya menyediakan daging kambing, roti, kurma dan madu bagi para narapidana tersangka terorisme Amerika Serikat itu untuk merayakan Idul Fitri. Selain itu mereka juga telah menyiapkan tiga hidangan tradisional pada jamuan makan malam, Kamis, 8 Agustus 2013.

Juru bicara penjara Guantanamo, Kapten Laut Robert Durand mengatakan seluruh napi yang berjumlah 166 orang diharapkan akan ikut dalam jamuan tersebut.

Namun belum diketahui, apakah akan ada protes seperti  yang terjadi belakangan ini. Beberapa napi menggelar aksi mogok untuk mendesak Presiden Barack Obama menutup penjara di pangkalan Amerika Serikat di Kuba itu.

Sejak awal Ramadan Juli lalu, jumlah tahanan yang melakukan aksi mogok turun separuhnya. Demikian pula bentrokan dengan penjara. “Secara umum lebih tenang,” kata Durand. “Mereka lebih banyak tidur, sembahyang dan berbincang-bincang.”

Hingga Rabu, 55 napi yang menyatakan aksi mogok, menyantap hidangan sedikitnya satu kali dalam 24 jam.  Ada 39 orang yang harus diberi makan lewat infus, tapi menurut Durand tidak ada  yang kondisinya membahayakan. (Sil Sega/TEMPO.CO)

Baca Juga :  Ini Gubernur Sumut yang Merakyat, Ikut Tarik Tambang dan Balap Karung

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button