Home / Sport / Akhir Hayatnya, Corazon Aquino Pamerkan Kepiawaian Melukis

Akhir Hayatnya, Corazon Aquino Pamerkan Kepiawaian Melukis

Bagikan Halaman ini

Share Button

4
 

Moral-politik.com.  Ikon demokrasi Filipina Corazon ‘Cory’ Aquino ternyata memiliki sisi lain. Presiden perempuan pertama Filipina itu ternyata jago melukis. Diakhir hayatnya dia membuat sejumlah lukisan.

Aquino banyak melukis warna cerah, berwarna-warni, dan sering menampilkan bunga. Dia melukis di atas kanvas, piring, dan bahkan tas. Tita Cory, ibu dari Presiden Benigno “Noynoy” mengatakan Aquino belajar melukis dari seniman berkelas Jeffrey Consumo pada 1996-1999.

Consumo pernah mengatakan kalau ia tidak benar-benar mengajari Aquino, melainkan, “Ini adalah kuas, dan ini adalah cat.” Selama tiga tahun Aquino menghadiri kelas mingguan. Ia tidak pernah absen. Consumo sendiri terkejut mengetahui Aquino terus melukis, bahkan setelah kelas berakhir.

“Pada awalnya itu hobi, tapi setelah kelasnya selesai Aquino terus-menerus melukis,” kata Consumo pada pameran bertajuk A Gift of Self, yang menampilkan sekitar 80 lukisan Aquino.

Corazon Akuion

Pameran ini bertepatan dengan ulang tahun kematian keempat Aquino pada 1 Agustus. Karya lukisan Aquino dipampang termasuk lukisan hadiah kepada teman-teman pada acara-acara khusus seperti ulang tahun dan peringatan. Di antara mereka yang meminjamkan lukisan itu adalah Manny Pangilinan, Presiden Senat Franklin Drilon, dan Ketua DPR Sonny Belmonte.

Consumo menilai lukisan Aquino sebagai ekspresionis dan asli. Baginya, lukisan Aquino indah, dan banyak orang menyukainya. Rosary and Roses merupakan lukisan Aquino yang dipersembahkan untuk ulang tahun Manny V tahun 1997. “Menurut pendapat saya, sebuah lukisan yang dikatakan indah itu, sebenarnya datang dari hati,” kata Manny.

Menurut mantan juru bicara Aquino, Deedee Siytangco, Aquino memberikan lukisannya, bukan menjualnya, kecuali ketika dia setuju melelang karyanya untuk mengumpulkan dana demi suatu tujuan. “Dia begitu murah hati, itu sebabnya pameran ini disebut A Gift of Self,” kata Siytangco, yang mempelopori pameran.

Baca Juga :  Camat membangkang Bupati TTU diberikan teguran

Menurut Presiden Universitas Adamson Fr. Gregorio Bañaga Jr, ide memasang sebuah pameran lukisan Aquino mulai bergulir sejak empat tahun lalu. Bañaga mengatakan ide itu untuk menunjukkan kepada siswa agar mampu melihat sisi lain dari sang Presiden. (Sumber: TEMPO.CO)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button