Home / Pena_VJB / Apa Khabar KM Sangga Ndolu?

Apa Khabar KM Sangga Ndolu?

Bagikan Halaman ini

Share Button

KAPAL SANGGA NDOLU

 

 

Moral-politik.com. Kehadiran Kapal Motor Sangga Ndolu yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao tahun anggaran 2011 lalu, membawa angin segar bagi rakyat di kabupaten yang berpulau-pulau ini.

Warga berharap kehadiran kapal-kapal itu dapat menjangkau seluruh pulau yang ada di Kabupaten Rote Ndao.
Harapan rakyat yang terus bergejolak itu sirna seketika lantaran kapal yang dibiayai dengan anggaran miliaran rupiah itu tak beroperasi dan menjadi penghias Pangkalan Pendaratan Ikan Tulandale.

Warga terus bertanya alasan mengapa sehingga kapal yang terbilang mewah itu terus bersemayam pada tempat persembunyiannya di PPI Tulandale.

David Fiah, salah seorang Tokoh  Masyarakat Desa Mbali Lendeiki, Kecamatan Ndao Nuse yang berhasil dihubungi Moral-politik.com  per telepon, Selasa (20/8) mengaku kecewa dengan tak beroperasinya kapal itu.

Padahal, kata David, sesuai informasi awal kapal itu dioperasikan melayani warga di Ndao Nuse, namun disayangkan pihaknya, hingga saat ini kapal itu tak pernah berkunjung ke pulau yang letaknya cukup jauh dari pulau Rote itu.

“Kalau kapal sudah ada semestinya difungsikan jangan dibiarkan mubazir. Kami masyarakat Pulau Ndao dan Nuse sangat mengharapkan kehadiran kapal itu. Kapal itu diadakan Pemkab untuk pelayanan transportasi laut bukan di parkir!” tegasnya.

Terhadap tak beroperasinya kapal itu, Kadis Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Lasarus Y. Pah yang ditemui di ruang kerjanya (20/8) mengatakan, pihaknya melaksanakan fungsi pengawasan, tetapi yang mengoperasikan kapal motor Sangga Ndolu adalah pihak ketiga.

Lasarus mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu adanya kesediaan pihak ketiga untuk mengelola kapak itu.

“Kami pada prinsipnya terbuka kepada siapa pun yang mau menjadi pihak ketiga untuk mengontraknya dan mengoperasikan. Sampai sejauh ini belum ada masyarakat maupun pengusaha yang bersedia. Kalau ada yang mau mengoperasikannya, kapal itu nantinya akan melayani pulau Ndao, Nuse dan Pulau Rote, tetapi soal pengoperasiannya bukan tangungjawab kami, kami hanya menyiapkan armada dan mengawasinya,” terangnya.

Baca Juga :  Saking Cinta, “Kepunyaan” Suami Dipotong & Dibuang ke Toilet

Untuk diketahui, KM Sangga Ndolu yang diadakan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Rote Ndao Tahun Anggaran 2011.

Kapal yang berkapisitas 40 sit dan berkekuatan 140 pk itu menelan biaya senilai Rp.1.085.000.000.00.  Anggaran itu  meliputi Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp.986.363.636 dan Dana Alokasi Umum (DAU) senilai Rp.98.636.364. (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button