Home / Pena_VJB / Ataupah-Kase Pakai 4 Tiang Lopo untuk Bangun Kabupaten Kupang

Ataupah-Kase Pakai 4 Tiang Lopo untuk Bangun Kabupaten Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button

Nomor

 

 

Moral-politik.com. Pasangan calon nomor urut 7 Melitus Ataupah, SH.M.Si-Soemin Kase, ST.M.Si yang telah siap untuk maju bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kupang pada tanggal 9 September 2013, masa bhakti  2013-2018 menyatakan siap membangun Kabupaten Kupang dengan menggunakan 4 Tiang Lopo.

Calon Wabub Soemin Kase, ST.M.Si yang ditemui di kediamannya di Desa Baumata, Selasa (6/8) mengatakan, dirinya bersama calon Bupati Kupang, Melitus Ataupah, SH.M.Si siap membangun Kabupaten Kupang dengan menggunakan 4 Tiang Lopo.

Dia mengatakan, keduanya menggunakan istilah 4 Tiang Lopo, karena sesuai sejarah lopo merupakan tempat atau rumah adat yang digunakan Etnis Timor untuk menyelesaikan segala sesuatu untuk mendapatkan yang terbaik bagi semua orang.

“Kami berdua menggunakan istilah 4 Tiang Lopo, karena seturut sejarah lopo adalah tempat orang Timor duduk bersama mencari solusi yang terbaik untuk mendapatkan atau menghasilkan yang terbaik bagi banyak orang,“ katanya.

Dalam lopo, katanya, masalah kecil ataupun besar sekali pun dapat diselesaikan dengan baik dan hasilnya itu dapat berguna bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kupang.

“Hasil yang baik yang dimusyawarakan dalam lopo itu akan membawa nilai postif bagi warga Kabupaten Kupang,” terangnya.

Soemin Kase mengatakan, selain itu, tradisi orang Timor untuk menyelesaikan suatu masalah di musyawarakan dalam lopo. Lopo itu didirikan, tambahnya, di atas tanah dan tanah merupakan penopang atau tempat berdirinya lopo yang kuat dan kokoh, yang menjadi tempat  bernaungnya etnis Timor.

Dengan menggunakan lopo, lanjutnya, karena lopo merupakan penopang atau penjamin kehidupan masyarakat Kabupaten Kupang seluruhnya.

“Lopo yang kuat yang berdiri di atas tanah. Sebab itu tanah dijadikan sebagai pondasi lopo, karena semua yang berasal dari tanah akan kembali menjadi tanah. Oleh karena itu kami akan bekerja untuk rakyat dan kembali untuk rakyat, karena kami dipilih oleh masyarakat,” urainya.

Baca Juga :  Kapolres Kupang Amankan Pilkada Kupang 5 September 2013

Dia menambahkan, tiang lopo merupakan penopang bagi kemajuan masyarakat Kabupaten Kupang seluruhnya. Tiang dijadikan sebagai penegak atau topangan hidup masyarakat Kabupaten Kupang, sehingga menurutnya, tiang dapat digunakan untuk menjamin kehidupan masyarakat Kabupaten Kupang secara keseluruhan.

Tentang atap lopo, kata dia, terbuat dari rumput atau alang-alang, yang dikumpulkan menjadi banyak dan diikat dalam satu ikatan. Sehingga seluruh masyarakat Kabupaten Kupang diibaratkan seperti atap lopo, dimana terdiri dari berbagai suku dan agama, namun menyatu dalam lopo seperti alang-alang yang terpisah namun diikatkan menjadi satu untuk melindungi setiap orang yang bernaung didalamnya dan keduanya akan menjadi lopo untuk menjamin dan melindungi masyarakat Kabupaten Kupang.

Lopo yang disatukan, tutr dia, menjadi satu itu adalah masyarakat Kabupaten Kupang yang disatukan sehingga pembangunan di Kabupaten Kupang dapat berjalan dengan baik.

“Semuanya kami akan curahkan perhatian dan cinta kami  demi kehidupan masyarakat Kabupaten Kupang yang damai dan sejahtera lahir bathin,” terangnya. (richo)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button