Home / Sport / Awas! Jajanan Sekolah di Kota Kupang Gunakan Pewarna Tekstil

Awas! Jajanan Sekolah di Kota Kupang Gunakan Pewarna Tekstil

Bagikan Halaman ini

Share Button

10

 

Moral-politik.com. Dari hasil survey dan penelitian terhadap jajanan di sekolah dasar (SD) yang dilakukan oleh Tim yang terdiri dari Pemerintah Kota Kupang dan Balai POM  di wilayah Kota Kupang, banyak jajanan berupa kue-kue yang dinilai tidak layak untuk dikonsumsi karena mengandung zat berbahaya yang terkandung dalam jajanan yang dijajakan penjual.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Perindag) Kota Kupang, Viktor Umbu Mana mengatakan ini di Kupang, Selasa (13/08).

Menurutnya, zat beracun yang paling banyak ditemukan adalah  jajanan kue bendera. Pada  kue tersebut ditemukan zat pewarna tekstil yang dicampur dalam panganan agar terlihat menarik dengan warna yang mencolok sehingga anak-anak tergiur untuk membeli.

Menurut dia, tingkat penyalahgunaan zat berbahaya pada jajanan anak bervariasi dan menunjukkan tren yang meningkat.
Dalam datanya,  ditemukan  penyalahgunaan zat berbahaya pada jajanan anak.

Dia mengatakan, pemakaian zat tambahan seringkali melebihi batas yang sudah ditetapkan pemerintah. Terkait melibatkan komunitas sekolah, Tim juga sudah mengumpulkan kepala sekolah dari beberapa sekolah. Hal ini diharapkan, sekolah bisa merangkul pihak lain seperti guru, penjual makanan di dalam dan di luar sekolah.

Oleh karena itu, tim yang sudah dibentuk akan berkoordinasi dengan pihak sekolah agar setiap penjual jajanan di sekolah-sekolah harus mendapat rekomendasi dari tim bentukan Balai Pom dan Pemkot Kupang. (Nyongky)

Baca Juga :  Sekjen FSGI Berencana Gugat Pemerintah ke MK Terkait UN

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button