Home / Sport / Bangunan Pustu Baadale Nyaris Rubuh

Bangunan Pustu Baadale Nyaris Rubuh

Bagikan Halaman ini

Share Button

pustu(1)

 

Moral-politik.com. Bangunan fisik Puskesmas Pembantu (Pustu) yang dibangun Pemerintah Kabupaten Rote Ndao di RT.06/RW.03, Dusun Osibunak, Desa Baadale, Kecamatan Lobalain memprihatinkan dan nyaris rubuh.

Pantauan Moral-politik.com  di lokasi tersebut, Jumat (30/8) sejumlah bagian bangunan alami kerusakan yang cukup serius dimana sejumlah bagian bangunan alami kertakan seperti dinding dan lantai retak serta plafon bangunan yang rusak.

Sejumlah warga yang berhasil dikonfirmasi wartawan di lokasi tersebut mengungkapkan, kerusakan-kerusakan tersebut membuat warga kuatir berobat di pustu tersebut. Warga menyayangkan lemahnya perhatian pemerintah terhadap pustu tersebut.

Padahal, kata mereka, pustu tersebut berada di pusat kota Ba’a ibu kota Kabupaten Rote Ndao semestinya mendapat perhatian yang serius dari Pemkab Rote Ndao untuk memperbaikinya.

Terhadap persoalan itu,  Kepala Dusun Osibunak, Thobias Mbolik yang berhasil dikonfirmasi wartawan mengungkapkan warga jarang berobat di pustu itu bukan karena tenaga medis yang memberikan pelayanan tetapi karena kondisi bangunan yang nyaris ambruk.

Menurutnya, kondisi fisik bangunan pustu tersebut saat ini tidak layak huni bahkan dapat mengancam keselamatan dari penghuninya. Kondisi tersebut kata dia, membuat petugas yang bertugas di pustu itu tidak nyaman dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kendalanya bukan dari tenaga bidan yang layani tapi fisik bangunan pustu seperti tembok, plafon yang rusak membuat bidan yang melayani merasa tidak nyaman,” ujar Thobias

Untuk itu Dinas Kesehatan Kabupaten Rote diharapkannya agar segera melaporkan hal itu ke Pemkab Rote Ndao agar memberikan perhatian yang serius. Hal itu kata Thobias dimaksudkan agar pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu.

“Bagaimana kalau sakit gigi saja harus sampai ke RSUD Baa, apa fungsi dari Pustu untuk melayani kesehatan warga Desa Baadale,” keluh thobias

Baca Juga :  Kejaksaan didesak tuntaskan penyidikan kasus dana Bansos

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao, drg.Suardi belum berhasil dihubungi wartawan. (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button