Home / Sport / Bimas Katolik Gelar Pembinaan Karakter Guru & Pengawas

Bimas Katolik Gelar Pembinaan Karakter Guru & Pengawas

Bagikan Halaman ini

Share Button

SEMINAR URAIS

 

 

Moral-politik.com. Bimas Katolik Kementerian Agama Kabupaten Rote Ndao menggelar kegiatan pembinaan karakter guru dan pengawas katolik tingkat dasar dan menengah se Kabupaten Rote Ndao, yang berlangsung di Aula Hotel Videsy, akhir pekan kemarin.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari sejak 21 Agustus hingga 23 Agustus itu dihadiri 20 orang Guru Agama Katolik PNS Kemenag, Guru Agama Katolik Pemda dan guru umum yang diperbantukan mengajar agama katolik dan guru honorer.

Ketua Panitia, Adrianus Adi dalam laporannya mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan dengan tujuan untuk pembinaan agar para guru memiliki wawasan dan pengetahuan serta belajar menjadi pribadi yang berkarakter, berdaya saing, unggul dan profesional.

“Guru juga diharapkan mampu mengembangkan dan menerapkan pola remedial dalam pembelajaran pendidikan agama katolik serta dapat menjadi agen pastoral yang baik, demi membantu perkembangan iman umat katolik di Rote Ndao,” kata Adrianus.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Rote Ndao, Mikael Pah dalam sambutannya saat pembukaan kegiatan itu mengatakan tuntutan agar guru harus jujur dan berakhlak adalah adalah mutlak, karena guru itu berperan sebagai pendidik dan pemberi contoh.

“Adalah naif jika prilaku guru yang adalah pendidik tidak dapat memberikan contoh perilaku yang jujur  baik di lingkungan pendidikan maupun di tengah masyarakat maka tujuan pendidikan yakni terciptanya manusia yang cerdas dan berkarakter tidak dapat berhasil,” kata Mikael.

Untuk itu, masing-masing pendidik diharapkan bertanggung jawab untuk memenuhi criteria-kriteria sebagai tenaga professional yang berkarakter. Tuntutan yang mestinya dipenuhi adalah guru harus memiliki 24 jam mengajar, pendidikan sarjana, menyusun KTSP dan menguasai lima kompetensi pendidik serta jujur dan berakhlak mulia.

“Jadilah pembawa terang, pemberi cahaya bagi peserta didik karena itu sediakanlah selalu minyak pengetahuan dan kepribadian yang baik agar mereka dapat melihat terangmu,” harapnya.

Baca Juga :  Terkuak Keintiman Tak Wajar Antara Sisca dan Kompol Albertus

Pantauan Moral-politik.com, hadir sejumlah pemateri dalam kegiatan itu diantaranya Kepala Kankemenag Rote Ndao, Mikael Pah, Djata Dominikus, RD. Frans Atamau dan Mikael Ikun. (lima)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button