Home / Sport / BNN Baru Bisa Rehabilitasi 18 Ribu Pengguna Narkoba

BNN Baru Bisa Rehabilitasi 18 Ribu Pengguna Narkoba

Bagikan Halaman ini

Share Button

DSCN5772

Moral-politik.com. Direktur Pascarehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN), Suyono mengatakan, hingga saat ini pihaknya baru bisa merehabilitasi sekitar 18 ribu dari sekitar  empat juta lebih pengguna narkoba di Indonesia.

“Ini adalah permasalahan sangat riskan yang dihadapi BNN. Sebab disatu sisi dimanatkan melalui  Undang-undang untuk berupaya merehabilitasi para pengguna, tetapi disi sisi lain masih terbatasnya pusat rehabilitasi,” katanya di Kupang, Jumat (29/8/2013).

Menurutnya, BNN baru punya dua pusat rehabilitasi yakni di Lido, Jawa Barat dan Makassar di  Sulawesi Selatan. Namun demikian, kemampuan dan daya tampung dua pusat rehabilitasi itu  sangat terbatas.

Dia menjelaskan, untuk pusat rehabilitasi di Lido hanya bisa merehabilitasi 500 pengguna  narkoba dalam enam bulan atau 1000 orang per tahun. Sedangkan di Makassar hanya mampu 150  orang per enam bulan atau hanya 300 orang per tahun.

“BNN tentunya tidak boleh menolak masyarakat yang menjadi korban, dan harus ditangani secara  baik. Dengan demikian, masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan BNN dalam  menangani masalah narkoba,” ujarnya.

Dia mengatakan, di Indonesia, sejauh ini sudah ada sekitar 100 lembaga yang menanggulangi pengguna narkoba, baik milik pemerintah maupun swasta. Tetapi keberadaan pusat rehabilitasi  itu belum bisa mengatasi pengguna narkoba di negeri ini.*** (AVI)

Baca Juga :  Benarkah Binatang peliharaan bisa cegah sakit jantung?

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button