Home / Sport / Cegah Masuknya Narkoba dari Timor Leste, Polisi Perketat Pengawasan

Cegah Masuknya Narkoba dari Timor Leste, Polisi Perketat Pengawasan

Bagikan Halaman ini

Share Button

DSCN5775

 

 

 

Moral-politik.com. Aparat Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur memperketat pengawasan terhadap kemungkinan masuknya narkotika dan obat terlarang (narkoba) melalui pintu perbatasan  RI-Timor Leste ke wilayah ini.

“Pengetatan pengawasan itu kita lakukan dengan penempatan personil dan penggunaan sejumlah  alat deteksi di pintu perbatasan Negara RI-Timor Leste di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Nusa Tenggara Timur, Komisaris Besar Polisi Muhari  di Kupang, Kamis.

Dia mengatakan hal itu menjawab fenomena masuknya narkoba ke Indonesia melalui pintu batas  negara RI-Timor Leste di Kabupaten Belu yang mulai marak.

Muhari mengatakan, secara institusi, jajaran Polda Nusa Tenggara Timur terus melakukan koordinasi dengan jajaran Badan Narkotika Nasional dan sejumlah elemen jaringan di tingkat  pusat termasuk Mabes Polri, untuk mengawasi sejumlah jaringan internasional yang telah menjadi target operasi aparat.

Sedangkan untuk pintu perbatasan negara, jajaran Polri bekerja sama  dengan elemen lain di perbatasan, seperti TNI yang bertugas menjadi penjaga pintu perbatasan, pihak imigrasi dan bea cukai.

Kerja sama itu juga diikuti dengan penempatan personil serta peralatan yang bisa mendeteksi  sejumlah barang yang dikategorikan sebagai obat terlarang dan psikotropika yang masuk dalam  kategori narkoba.

“Kita sudah memiliki alat x-ray di pintu perbatasan untuk mendeteksi setiap barang yang  datang dari Timor Leste serta alat lainnya yang bisa melacak perilaku pengguna narkoba Setiap orang yang melintas dan dicurigai akan kita periksa lebih lanjut,” katanya.

Kendati telah memiliki sejumlah peralatan dan penempatan personil tersebut, namun masyarakat  tetap diminta untuk tidak melakukan tindakan menyimpang dengan melakukan upaya penyelundupan
narkoba melalui pintu batas negara RI-Timor Leste.***(AVI)

Baca Juga :  Ketidakpuasan pengacara terhadap aparat penegak hukum

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button